5 Kiat Anti Mabuk Perjalanan

Kompas.com - 13/04/2019, 13:05 WIB
Ilustrasi perjalanan dengan balon udara Elena-studioIlustrasi perjalanan dengan balon udara

JAKARTA, KOMPAS.com - Mabuk perjalanan tentu bukan pengalaman yang menyenangkan bagi para pejalan. Masalahnya mabuk perjalanan tidak hanya dapat terjadi di darat, tetapi juga di laut dan udara.

Mabuk perjalanan dapat menggangu suasana hati dan kondisi tubuh, dari yang tadinya terasa prima menjadi kurang menyenangkan. Berikut adalah tips anti mabuk perjalanan yang dapat dipraktikkan:

1. Biarkan mata Anda melihat pergerakan

Saat mabuk perjalanan, otomatis Anda ingin memejamkan mata untuk berhenti melihat pemandangan yang tampak bergerak.

Namun sesungguhnya Dr. Derebery, dilansir dari New York Times mengatakan bahwa kunci agar sembuh dari mabuk perjalanan adalah melihat pemandangan yang bergerak selama beberapa menit.

Jika di mobil berarti Anda dapat melihat jalanan dari jendela, jika di laut keluarlah ke dek atap kemudian lihat pergerakan laut dan hidup udara segar. Sedangkan jika di udara, tengoklah awan yang bergerak.

2. Pilih posisi yang baik

Jika menumpang mobil, pilihlah kursi depan di sebelah supir. Jika duduk di depan, otomatis Anda melihat pergerakan jalan.

Jika menumpang kapal laut, terutama kapal pesiar duduklah di bagian tengah dan belakang. Bagian ini cenderung stabil dibanding bagian depan. Pilih juga bagian sebelah jendela. Sama halnya jika di pesawat, pesanlah tempat duduk di sebelah jendela.

3. Hindari membaca dan bermain handphone

Ketika mata berfokus kepada satu titik bukan kepada pergerakan, otomatis dapat membuat seseorang jadi lebih mudah mabuk perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X