5 Kiat Anti Mabuk Perjalanan

Kompas.com - 13/04/2019, 13:05 WIB
Ilustrasi perjalanan dengan balon udaraElena-studio Ilustrasi perjalanan dengan balon udara

JAKARTA, KOMPAS.com - Mabuk perjalanan tentu bukan pengalaman yang menyenangkan bagi para pejalan. Masalahnya mabuk perjalanan tidak hanya dapat terjadi di darat, tetapi juga di laut dan udara.

Mabuk perjalanan dapat menggangu suasana hati dan kondisi tubuh, dari yang tadinya terasa prima menjadi kurang menyenangkan. Berikut adalah tips anti mabuk perjalanan yang dapat dipraktikkan:

1. Biarkan mata Anda melihat pergerakan

Saat mabuk perjalanan, otomatis Anda ingin memejamkan mata untuk berhenti melihat pemandangan yang tampak bergerak.

Namun sesungguhnya Dr. Derebery, dilansir dari New York Times mengatakan bahwa kunci agar sembuh dari mabuk perjalanan adalah melihat pemandangan yang bergerak selama beberapa menit.

Jika di mobil berarti Anda dapat melihat jalanan dari jendela, jika di laut keluarlah ke dek atap kemudian lihat pergerakan laut dan hidup udara segar. Sedangkan jika di udara, tengoklah awan yang bergerak.

2. Pilih posisi yang baik

Jika menumpang mobil, pilihlah kursi depan di sebelah supir. Jika duduk di depan, otomatis Anda melihat pergerakan jalan.

Jika menumpang kapal laut, terutama kapal pesiar duduklah di bagian tengah dan belakang. Bagian ini cenderung stabil dibanding bagian depan. Pilih juga bagian sebelah jendela. Sama halnya jika di pesawat, pesanlah tempat duduk di sebelah jendela.

3. Hindari membaca dan bermain handphone

Ketika mata berfokus kepada satu titik bukan kepada pergerakan, otomatis dapat membuat seseorang jadi lebih mudah mabuk perjalanan.

4. Pilih jenis makan dan minuman dengan bijaksana

Hindari makan makanan yang digoreng, makanan pedas, dan kaya rasa.

"Makanan jenis ini sulit dicerna dan membuat peluang muntah lebih besar," Kata Dr. Derebery.

Jenis makanan yang disarankan sebelum menempuh perjalanan adalah roti, biskuit, dan sop. Untuk minuman dapat memilih air berkarbonasi dengan sedikit rasa, contohnya ginger ale.

5. Minum obat anti mabuk perjalanan

Jika Anda tidak harus menyetir, minum obat anti mabuk perjalanan sebenarnya tak apa. Namun akan berbahaya jika Anda harus menggantikan teman untuk menyetir.

Obat anti mabuk perjalanan menyebabkan kantuk berlebih. Pilihan lain adalah menggunakan gelang anti mabuk perjalanan. Gelang ini umum di luar negeri.



Close Ads X