Pizza yang Memecahkan Rekor Dunia Menggunakan 154 Topping Keju

Kompas.com - 14/04/2019, 12:07 WIB
Pizza dengan toping 154 jenis kejuguinnessworldrecords.com Pizza dengan toping 154 jenis keju

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada film The Mutant Ninja Turtles (2014), salah satu tokoh kura kura Ninja yakni Donatello menyebutkan pizza dengan topping 99 macam keju sama dengan mustahil di dunia kuliner.

Rupanya kalimat Donatello di film tersebut menjadi motivasi seorang koki untuk membuat pizza dengan banyak topping. Tidak hanya topping dengan 99 jenis keju, koki ini membuat pizza dengan 154 jenis keju!

Ia adalah Jhonny Di Fransesco, seorang koki di restoran 400 Gradi, Melbourne, Australia.

"Walaupun jelas topping pizza dengan 154 jenis keju bukan mustahil di dunia kuliner, tetapi ini  sebuah tantangan! Kami tahu ini sungguh ide yang ambisius, tetapi ini bahkan melebihi apa yang diharapkan di awal," kata Fransesco.

Aneka jenis keju.guinnessworldrecords.com Aneka jenis keju.
Ia menjelaskan awalnya hanya ingin membuat pizza dengan topping 111 jenis keju, tetapi berakhir dengan 154 jenis keju.

Beragam jenis keju dari yang umum di pasaran sampai yang kurang umum dipakai. Sebut saja keju jenis gorgonzola, pecorino, taleggio, aged cheddar, gouda, dan masih banyak lainnya.

"Kami harus memastikan setiap jenis keju cukup berbeda satu sama lain, tetapi soal rasa harus saling melengkapi satu sama lain. Benar-benar dapat dicampur dengan baik," kata Fransesco.

Untuk membuat pizza pemecah rekor ini, setelah membuat adonan pizza, Fransesco mencampur 154 jenis keju dengan berat masing-masing satu gram. Kemudian pizza dengan topping keju ini dibakar.

Pizza dengan toping 154 jenis keju. guinnessworldrecords.com Pizza dengan toping 154 jenis keju.
Ternyata sambutan konsumen cukup baik. Fransesco menyebutkan selama lima hari ia berhasil menjual 797 pizza dengan topping 154 jenis keju ini. Banyak konsumen yang juga memintanya memasukkan pizza ini dalam menu permanen.

"Ada banyak masukan, tetapi kebanyakan positif. Banyak yang takjub dan yang paling penting adalah melihat ekspresi konsumen saat pertama kali menggigit pizza penuh keju ini. Reaksinya sungguh tak terbayar," jelas Fransesco.

Dengan pizza ini, Fransesco juga berhasil memecahkan rekor dunia dan tercatat di Guiness World Records sebagai Pemegang Rekor Pizza dengan Topping Keju Terbanyak di Dunia.

"Mohon maaf Donatello, kemustahilan dalam dunia kuliner ini kami pecahkan!" kata Fransesco.




Close Ads X