Sembilan Air Terjun di Kawasan Ranggu-Kolang Flores Barat (3)

Kompas.com - 14/04/2019, 17:01 WIB
Keunikan Air Terjun Sunsa Durang di Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Jumat (12/4/2019).  KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Keunikan Air Terjun Sunsa Durang di Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Jumat (12/4/2019).

KOLANG, KOMPAS.com — Bentang alam Gunung Poso Kuwuh, di Kecamatan Kuwus dan Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat di Pulau Flores Barat menyimpan potensi wisata air terjun yang belum dikenal seluas oleh pelaku pariwisata di Pulau Flores.

Keunikan air terjun itu masih tersembunyi di lereng-lereng bukit di sekitar bentang alam Gunung Poso Kuwuh.

Orang-orang lokal di Kecamatan Kuwus dan Kuwus Barat mengetahui air terjun tersebut. Orang lokal Kolang-Ranggu menyebut air terjun itu dengan dialek Kolangnya “sunsa”. Warga setempat sudah menganggap biasa melihat dan menceritakan air terjun tersebut.

Baca juga: Menjelajahi Lembah Ranggu-Kolang yang Eksotis di Flores Barat (1)

Bahkan, setiap nama air terjun itu memiliki kisah mistis yang berhubungan dengan manusia dan alam semesta yang terjadi ribuan tahun silam. Cerita-cerita mistis kadang-kadang menakutkan apabila dikisahkan kembali oleh orang tersebut.

Kisah-kisah mistis itu berhubungan dengan kehidupan manusia di ribuan tahun silam yang menyatu dengan alam semesta. Dan juga kisah-kisah mistis yang menakutkan itu berhubungan makhluk halus yang hidup di hutan dan tak kelihatan secara nyata.

Selama ini sembilan air terjun yang berada di bentang alam di Gunung Poso Kuwuh di lembah Ranggu-Kolang itu belum dipromosikan secara luas, bahkan belum ada wisatawan mancanegara yang mengeksplor keunikan air terjun itu.

Baca juga: Inilah Tempat Memotret Senja dari Kawasan Kolang di Flores Barat (2)

Gunung Poso Kuwuh merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Manggarai Barat yang berada di Kecamatan Kuwus dan Kuwus Barat. Belum banyak yang mendaki ke puncak Gunung Poso Kuwuh karena minim informasi yang diperkenalkan kepada publik dan para pendaki Indonesia dan dunia.

Selain itu, geliat pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat dengan binatang Komodo hanya menguntungkan warga di bagian tengah dan selatan.

Baca juga: Menjelajahi Bukit Empo Sanga di Flores Barat

Sejumlah air terjun di Kecamatan Mbeliling dan Sano Nggoang yang selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan Nusantara karena gencarnya promosi oleh agen perjalanan wisata, pelaku pariwisata maupun majalah-majalah wisata baik yang terbit di Indonesia maupun luar negeri.

Halaman:



Close Ads X