Tahun 2018, Kunjungan Wisatawan ke Sikka Flores Meningkat

Kompas.com - 15/04/2019, 13:10 WIB
Pantai Waiara di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Pantai Waiara di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (3/2/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kensius Didimus mengatakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sikka pada tahun 2018 meningkat.

Menurut Kensius, pada tahun 2018 jumlah wisatawan yang datang ke Sikka tercatat 50.212 orang, di mana wisatawan mancanegara (wisman) 11.568 orang dan wisatawan nusantara (wisnus) 38.644 orang. Sementara pada tahun 2017 tercatat  47.228 wisatawan, dengan rincian 10.454 wisman dan 36.774 wisnus.

“Dari data ini, tahun 2018 wisatawan yang datang berkunjung ke Sikka meningkat. Mereka datang ada  melihat keindahan alam, budaya, seni, dan potensi wisata lainnya yang ada di Sikka,” kata Kensius kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Menikmati Sajian Lokal di Sea World Club Resort Maumere Flores

Ia mengatakan, jumlah data pengunjung diperoleh dari setiap hotel yang ada di Kabupaten Sikka.

“Setiap 3 bulan, pihak hotel memberikan data jumlah tamu yang nginap. Kalau tidak diantar, kita yang jemput data di hotel. Dulu pernah saya tempatkan petugas di bandara untuk data orang yang datang, tetapi ada orang yang hanya turun saja, tidak nginap. Jadi, kita tidak mendata pengunjung yang datang dan tinggal saja,” katanya.

Baca juga: Mengenal Sejarah Proses Pembuatan Kain Tenun di Sikka Flores

Ia menambahkan, saat ini Dinas Pariwisata Sikka akan terus gencar mempromosikan dengan membuat paket wisata kepada dunia luar agar Sikka menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Flores.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores NTT, Kensius Didimus.KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores NTT, Kensius Didimus.
“Selama ini kan, kalau sebut Flores selalu identik dengan Labuan Bajo. Padahal di setiap daerah di Flores ini, termasuk Sikka potensi wisata yang unik untuk dikunjungi. Yang kita harus siapkan sekarang itu paket wisata,” ujar Kensius.

Mengenai lama tinggal wisatawan, Kensius memaparkan, lama tinggal wisatawan di Kabupaten Sikka mengalami peningkatan.

"Tahun 2018 lama tinggal wisatawan di Sikka sudah naik 2,29 hari. Jika dibandingkan 2017, lama tinggal itu masih 1,9. Jadi dari data ini kita bisa lihat bahwa ada kenaikan," ungkapnya.




Close Ads X