Makanan Favorit Jokowi, Ada Banyak...

Kompas.com - 15/04/2019, 19:08 WIB
Presiden Joko Widodo beserta keluarga saat bersantap siang di Restoran Ayam Goreng di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (31/3/2018).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Presiden Joko Widodo beserta keluarga saat bersantap siang di Restoran Ayam Goreng di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (31/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal selera makan ternyata Presiden RI Joko Widodo termasuk gemar bersantap. Ia terkenal doyan menyantap makanan ala rumahan orang Indonesia pada umumnya.

Pada 2017, Jokowi sempat berbagi cerita soal makanan kesukaan lewat video "Cerita dari Dapur Presiden" yang diunggahnya ke Youtube. Dalam video tersebut Jokowi mewawancarai koki yang setia menemani dirinya sejak 2013, Tri Supriharjo.

"Bapak itu, yang saya tahu selama ini itu orangnya sederhana sekali. Makanan juga seperti itu," kata Tri.

Baca juga: Mandeh, Raja Ampat-nya Sumatera yang Dipromosikan Jokowi

Tri mengatakan, Jokowi biasanya mengonsumsi masakan rumahan seperti sop ayam, sayur bening bayam, tumis pepaya muda dan tumis oseng tempe.

"Mie ketoprak, itu seperti soto mie, tapi lain taste-nya. Terus soto kuning, sekarang kan di Bogor, hampir setiap hari soto kuning," jelas Tri.

Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.

Selain makanan tersebut Tri menjelaskan setiap makan, lauk tempe dan tahu tidak pernah luput dari meja makan Jokowi. Ada juga teri medan goreng yang menjadi favoritnya.

Nasi dalam kondisi panas juga jadi hidangan wajib ketika Jokowi bersantap.

Baca juga: Semasa Muda, Jokowi Bertualang Naik Gunung Berbekal Mi Instan

Untuk camilan Jokowi gemar menyantap singkong goreng, jagung rebus, bakwan jagung, bakwan sayur, lento (ketela yang diparut dicampur kelapa dan digoreng).

Masih belum selesai daftar makanan favorit Jokowi. Saat pulang ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah, ia juga terkenal punya banyak langganan restoran, warung makan, dan gerobak kaki lima.

Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAH Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

Hidangan yang disukai Jokowi saat pulang ke Solo di antaranya sate buntel, selat solo, es dawet telasih, nasi liwet, timlo, ayam goreng, sate kere, tahu kupat, soto ayam, dan tahu kupat.

Saking banyaknya, makanan favorit Jokowi di kampung halamannya bisa menjadi daftar untuk wisata kuliner.

Untuk minuman, ternyata Jokowi menyukai teh pahit dan jamu dari temulawak, kunyit, serta jahe. Ia meminum minuman ini setiap pagi.

Koki Jokowi, Tri juga membuatkan jus buah berbeda-beda setiap hari saat pagi dan sore hari. Terkadang Jokowi meminum jus kedondong.



Close Ads X