Nasi Goreng hingga Sate, Favorit Ekspatriat Tahun 70-an di Jaya Pub

Kompas.com - 16/04/2019, 09:14 WIB
Nasi Goreng Gila OK Menteng. Salah satu kedai nasi goreng gila legendaris di Jakarta. Dok. Traveloka Nasi Goreng Gila OK Menteng. Salah satu kedai nasi goreng gila legendaris di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Jaya Pub, salah satu tempat hiburan malam di Jakarta yang didirikan tahun 1975 namun masih beroperasi hingga kini. Pub yang didirikan pasangan artis senior Frans Tumbuan dan Rima Melati ini mengusung konsep ala Eropa.

Tak hanya mengenai interior pub, menu makanan yang disajikan di Jaya Pub juga disesuaikan dengan lidah pelanggannya kala itu yang sekitar 90 persen adalah ekspatriat atau tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia.

Aneka menu western tercantum dalam buku menu mulai dari Spagetti Bolognese, Franksfruter Platte,German Chropped Steak, hingga Grilled King Prawns.

Baca juga: “Dulu Jaya Pub Itu Langganannya Para Pejabat dan Ekspatriat...”

Namun di antara banyak menu western tersebut tercantum juga menu khas Indonesia mulai dari nasi goreng , mie goreng, sop buntut hingga sate. Wirda, salah satu pelayan yang telah bekerja selama 30 tahun di Jaya Pub mengatakan, para ekspatriat masa itu memang sangat menyukai menu Indonesia.

Pelanggan Jaya Pub menikmati alunan live music.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pelanggan Jaya Pub menikmati alunan live music.
“Mereka (ekspatriat) sangat suka menu Indonesia, makanya kami sediakan nasi goreng, sate, sampai sop buntut juga. Menurut mereka itu menu-menu yang sangat enak,” ujar Wirda.

Baca juga: Merasakan Sensasi “Dunia Malam” Era 70-an di Jaya Pub Thamrin...

Menurutnya, ekspatriat-ekspatriat zaman dulu yang telah pulang ke negaranya tetap mengunjungi Jaya Pub saat berlibur di Indonesia. Selain ingin menghabiskan malam dengan sajian musik yang apik, mereka ternyata juga ingin bernostalgia pada makanan-makanan khas Indonesia ini.

Tak hanya di  Jaya Pub, menu Indonesia juga tersaji di Le Bistro, restoran yang juga dibangun pada tahun 70-an oleh Frans Tumbuan dan Rima Melati. Restoran tersebut letaknya tak jauh dari Jaya Pub.

Live music di Jaya Pub, Thamrin, Jakarta Pusat.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Live music di Jaya Pub, Thamrin, Jakarta Pusat.
Le Bistro sebenarnya adalah restoran yang menjajakan berbagai masakan Perancis. Namun ternyata menu Indonesia juga diminati hingga saat ini.

Saat menyambangi Jaya Pub pada Sabtu (13/4/2019), Kompas.com melihat masih banyak warga negara asing yang berkunjung. Mayoritas pengunjung pun memesan masakan ala Indonesia.



Close Ads X