Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tawarkan Konsep Nomadic Tourism, The Canopi Hadir di Bintan

Kompas.com - 16/04/2019, 10:58 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
– Pariwisata Bintan terus menunjukkan perkembangan yang positif. Bukan hanya kalender event yang semakin beragam, tetapi destinasi wisata pun terus berpacu menampilkan spot-spot menarik.

Salah satunya The Canopi Bintan yang mengusung konsep nomadic tourism. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemeterian Pariwisata (Kemenpar), Rizki Handayani mengatakan, The Canopi Bintan merupakan amenitas berbasis kamping mewah atau glamour camping.

“The Canopi Bintan adalah amenitas baru yang mengusung konsep nomadic tourism. Keren sekali. Dibangun menyatu dengan alam, lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai,” ujarnya, Senin (15/4/2019) di Jakarta, seperti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/4/2019).

Terletak di kawasan pariwisata Teluk Sebong Lagoi, The Canopi Bintan berada persis di sepanjang laguna air tawar buatan terbesar di Asia Tenggara. Selain menawarkan keindahan alam, petualangan, dan kemewahan, lokasinya pun hanya berjarak satu jam dari Singapura.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan, The Canopi Bintan merupakan bentuk bisnis nomadic tourism yang banyak diminati investor saat ini.

Ini karena, karakter bisnisnya terhitung murah, cepat operasional, dan cepat kembali modal sesuai dengan karakter pasar potensial yang disasar, yaitu para wisatawan millenial. 

“Saya berani membuat tagline nomadic tourism jadi solusi sementara, sekaligus sebagai solusi selamanya. Sebab ini sudah terbukti dan sesuai dengan keadaan saat ini," ucap Menpar.

Lebih dari itu, kata Menpar, karena konsep The Canopi Bintan menyuguhkan pengalaman seru maka bisa menggaet wisatawan millenial dari negara tetangga.

Kepopuleran Bintan di dunia pariwisata Tanah Air memang bukanlah hal baru. Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati menyatakan, salah satu daerah di Provinsi Kepulauan Riau yang cukup diandalkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Asal tahu saja, dari tahun ke tahun, jumlah turis yang datang ke Bintan mengalami peningkatan. Sejalan dengan itu, target kunjungan wisatawan pun dinaikkan menjadi 700.000 wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang tahun 2019.

“Kami optimis pariwisata Bintan semakin berkibar. Terlebih, ada tiga kegiatan yang masuk dalam Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019," ungkapnya.

Tiga kegiatan itu, lanjut Dessy, antara lain adalah Bintan Triathlon yang masuk kategori Top 10, Tour de Bintan dan IronMan 70.3 Bintan yang berada di Top 100 CoE 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com