Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti di Garut, Bosnia Juga Punya Bukit Piramida Raksasa

Kompas.com - 16/04/2019, 21:29 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekitar tahun 2012-an silam, Piramida Garut atau Gunung Sadahurip sempat heboh karena dianggap sebagai peninggalan sejarah. Gunung piramida yang ternyata merupakan tumpukan lava mengeras ini memang lebih besar dari piramida di Mesir.

Ternyata fenomena gunung berbentuk piramida raksasa tidak hanya ada di Garut saja. Fenomena ini juga ada di Negara Bosnia dan Herzegovina. Terdapat sebuah gunung yang jika dilihat berbentuk seperti piramida.

Baca juga: 4 Obyek Wisata Alam yang Menawan di Eropa Timur

Total ada lima kompleks berbentuk piramida di negara ini. Bukit piramida ini tepatnya berada di dekat kota kecil Visoko sekitar 30 kilometer sebelah barat laut Savarejo.

Bukit piramida paling besar disebut Piramida Matahari yang memiliki ketinggian mencapai 220 meter. Sementara Piramida Giza hanya setinggi 147 meter. Bukit piramida lain di sini adalah Piramida Bulan, Cinta, Bumi, dan Naga.

Klaim dan penyangkalan

Ada banyak klaim yang mengatakan jika piramida ini merupakan situs peninggalan sejarah peradaban masyarakat masa lalu. Dilansir dari Theculturetrip.com, piramida ini diperkirakan berusia sekitar 30.000 tahun (margin kesalahan sekitar 400 tahun).

Bentuk bukit juga tampak seperti segitiga sama sisi sempurna sehingga benar-benar tampak seperti piramida raksasa. Tak hanya Piramida Matahari, Naga dan Bulan juga memiliki bentuk segitiga sama sisi sempurna.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Italia Selain Roma

Lapisan batuan yang bertumpuk di lereng Piramida Matahari tampak seperti buatan manusia. Bahkan dikatakan jika pengujian laboratorium di Bosnia, Italia, dan Perancis mengonfirmasi jika batuan itu tidak berasal dari alam.

Namun, hampir semua komunitas ilmiah mengatakan jika Bukit Visoko (Bukit Piramida Bosnia) merupakan fenomena alam. Bentuk piramida disebabkan karena penggalian secara diam-diam dan disengaja.

Sementara itu, Benua Eropa juga tengah dilanda zaman es sekitar 30.00 tahun yang lalu sehingga wilayah bukit piramida tidak bisa dihuni.

Baca juga: Tak Hanya Afrika, Benua Eropa Juga Punya Gurun

Terlepas dari segala klaim dan penyangkalan, Bukit Visoko memang merupakan keunikan yang menarik di Negara Bosnia dan Herzegovina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com