6 Tips Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran

Kompas.com - 17/04/2019, 15:00 WIB
Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Saat ini gunung api purba memang menjadi daya tarik wisata utama yang ada di destinasi wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Namun, obyek wisata di Nglanggeran ternyata bukan hanya gunung api purba semata.

Air terjun menjadi obyek wisata yang juga ada di Nglanggeran. Air terjun bernama Kedung Kandang ini terletak tidak begitu jauh dari gunung api purba. Area parkir kendaraannya bisa dijangkau sekitar tiga menit dari parkiran gunung api purba.

Baca juga: Ke Nglanggeran, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Kedung Kandang

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran, simak 6 tips berikut ini:

1. Datang ketika musim hujan

Bulan Desember sampai April menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang. Hal itu karena sifat air terjun ini musiman sehingga aliran airnya hanya bisa dijumpai ketika musim penghujan saja.

Saat musim kemarau seperti akhir Mei sampai petengahan Oktober, biasanya Air Terjun Kedung Kandang akan mengering. Oleh karena itu, perhatikan bulan dan musim saat akan berkunjung ke air terjun ini.

2. Siapkan fisik

Satu hal yang harus diperhatikan oleh calon pengunjung Air Terjun Kedung Kandang adalah keharusan untuk menyiapkan fisik. Perlu diketahui jika perjalanan mencapai titik air terjun dari are parkir harus dilakukan dengan berjalan kaki.

Baca juga: Waktu yang Pas Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran

Perjalanan dengan jalan kaki melalui jalan setapak harus ditempuh selama sekitar 15-30 menit, tergantung kecepatan. Perjalanan menuju titik air terjun memang melewati jalan menurun, tetapi perjalanan kembali harus melalui jalan menanjak yang melelahkan.

3. Kenakan pakaian untuk aktivitas luar ruangan

Selain menyiapkan fisik, pakaian yang dikenakan juga harus diperhatikan. Bekaitan dengan a jalan kaki yang harus dilakukan menuju titik air terjun, pakaian harus disesuaikan agar semakin memudahkan aktivitas fisik tersebut.

Puncak Ngekong di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Ngekong di Nglanggeran, Gunungkidul.
Mulai dari bawah, alas kaki hendaknya pas untuk aktivitas outdoor seperti sandal gunung dengan sol bergerigi. Hal itu penting untuk mencegah terpeleset saat menapaki jalan setapak yang terkadang licin.

Kaus yang mampu menyerap keringat juga paling pas untuk dipakai. Jalan kaki yang melelahkan membuat tubuh berkeringat sehingga butuh pakaian yang mempu mengeringkan keringat dengan cepat.

4. Berkunjung ketika cerah

Halaman:



Close Ads X