Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Liburan Hemat di Ancol

Kompas.com - 17/04/2019, 21:30 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ancol selalu menjadi pilihan wisatawan daerah Jakarta dan sekitar untuk berwisata saat libur tiba. Di sini wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas seru yang cocok untuk segala usia.

Namun berwisata khususnya bersama keluarga butuh bujet lebih. Dalam hal tiket masuk Ancol, tiket masuk wahana, dan bersantap. KompasTravel merangkum kiat liburan hemat untuk wisatawan yang ingin berlibur ke Ancol, seperti berikut:

1. Naik kendaaraan umum

Ada berbagai pilihan kendaraan umum di Ancol, mulai dari KRL, Transjakarta, dan mikrolet. Transjakarta pilihan paling praktis, selain armada cukup banyak, halte perhentian akhir Transjakarta berada di dalam kawasan Ancol dan terpadu dengan Bus Wara Wiri gratis dari Ancol.

Naik kendaraan umum selain memangkas biaya bahan bakar juga juga memangkas biaya masuk transportasi di kawasan Ancol. Jadi hanya perlu membayar tiket masuk perorangan.

2. Manfaatkan transportasi gratis di kawasan Ancol

Jangan takut di kawasan Ancol akan kelelahan berjalan. Wisatawna bisa memanfaatkan fasilitas di Ancol seperti Bus Wara Wiri dan Kereta Sato Sato yang berhenti di tiap lokasi penting seperti wahana, restoran, atau pantai.

3. Pilih wahana

Di Ancol ada wahana berbayar seperti Dufan, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Sea World, dan Putri Duyung. Selain itu sebenarnya ada wahana gratis yang dapat dimanfaatkan yakni pantai.

Di pantai wisatawan dapat berpiknik dan naik perahu sewaan yang dimulai Rp 10.000 per orang (tergantung penawaran dan jumlah rombongan).

4. Bawa makanan sendiri

Untuk menghemat biaya, wisatawan dapat membawa makanan sendiri dan berpiknik di pantai. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya.

Namun di Ancol sebenarnya ada banyak pilihan restoran dengan berbagai varina harga. Tersedia pula berbagai restoran cepat saji.

5. Manfaatkan promo

Ancol terbilang gemar memberi promo untuk wahana dan penginapan seeprti Putri Duyung Cottage. Promo banyak diberikan saat musim liburan tiba. Misalnya tiket annual pass atau masuk tahunan di Dufan dan berbagai wahana lain, promo Kemerdekaan, pemilu, Hari Kartini, dan masih banyak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com