Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajb Tahu! 3 Bahaya saat Pakai WiFi di Tempat Publik...

Kompas.com - 18/04/2019, 11:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berlibur ke luar negeri, tentu salah satu hal yang tak bisa terlepaskan adalah penggunaan internet. Selain dimanfaatkan untuk berkomunikasi, para wisatawan juga biasa memanfaatkannya untuk mencari tahu soal wisata apa saja yang ada di negara tersebut.

Salah satu cara mendapatkan internet adalah terhubung dengan koneksi WiFi publik. Namun, sebenarnya hal tersebut juga menimbulkan bahaya untuk para wisatawan karena dapat menjadi korban dari kejahatan siber.

Founder JavaMifi, Suhartanto Raharjo mengatakan bahwa kejahatan siber ini dapat begitu kerugian dan jika menimpa wisatawan saat sedang di luar negeri, akan membuat pihak berwenang sulit dalam melacak pelakunya.

“Internet memang membawa kemudahan yang praktis tetapi masyarakat ada baiknya memerlukan pengetahuan dan sikap bijak dalam menggunakan wifi publik agar dapat meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan,” kata Suhartanto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Senin (15/4/2019).

Ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan WiFi publik selama di luar negeri, seperti yang dirangkung JavaMifi berikut ini.

1. Pencurian Identitas

Salah satu cara hacker untuk mencuri data adalah dengan menjadi penyedia wifi palsu.

Apabila ada device yang terkoneksi dengan wifi tersebut, maka dapat dipastikan segala aktivitas browsing hingga data privasi bisa dilihat oleh hacker.

Bahkan lebih jauh lagi, keamanan data-data pribadi akan terancam digunakan untuk hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2. Virus

Selain data pribadi bisa terancam, perangkat Anda pun bisa terkena virus seperti malware.

Virus ini dapat mencuri file penting yang terdapat di dalam perangkat. Selain itu ada pula Ransomware, yaitu sejenis malware yang mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar.

3. Pembajakan Media Sosial

Para hacker bisa memindai dan memindahkan data mulai dari nama akun, password, media sosial, hingga nomor kartu kredit ketika Anda menggunakan WiFi publik.

Tak jarang data-data tersebut digunakan para hacker untuk menipu orang-orang terdekat dengan mengaku bahwa itu adalah Anda.

Dengan demikian, sangat penting untuk diperhatikan untuk wisatawan yang ingin berlibur ke luar negeri mengenai koneksi pada wifi publik.

Anda bisa mencoba menggunakan travel WiFiyang aman dan terpercaya sehingga terbebas dari kejahatan siber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com