6 Hal yang Harus Dihindari saat Liburan ke Myanmar

Kompas.com - 18/04/2019, 22:08 WIB
Pagoda Shwedagon di Negara Myanmar.Shutterstock Pagoda Shwedagon di Negara Myanmar.

KOMPAS.com – Berwisata ke luar negeri memang menawarkan pengalaman unik yang tidak bisa didapatkan di dalam negeri. Namun, ada beberap hal yang harus dipersiapkan sebelum bepergian ke negara lain.

Pengetahuan mengenai sosial-budaya masyarakat di negara tujuan menjadi satu keharusan. Hal itu penting agar tidak dicap kurang ajar oleh masyarakat setempat yang bisa menyebabkan masalah.

Baca juga: Ke Myanmar, Jajal Pengalaman Mengesankan Naik Balon Terbang di Bagan

Jika negara tujuan adalah Myanmar, kondisi sosial-budaya masyarakat setempat haruslah dipahami.

Agar tidak menyinggung masyarakat di sana, hindari 6 hal berikut ini saat berkunjung ke Myanmar:

1. Jangan menmakai longyi tanpa pakaian dalam

Longyi adalah pakaian tradisional khas Myanmar. Mengenakannya tentu merupakan pengalaman menarik. Tak hanya itu, orang Myanmar juga senang melihat orang asing yang berpakaian lokal.

Namun, butuh latihan untuk mengenakan pakaian tradisional ini. Jika salah mengenakannya, bisa jadi hal itu akan menimbulkan kesan menyinggung masyarakat atau malah menjadi sesuatu yang memalukan bagi diri sendiri.

Baca juga: Pulau Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Ada di Myanmar

Salah satu yang harus dihindari saat memakai longyi adalah memakainya tanpa pakaian dalam. Jika tetap nekat melakukannya, maka hal ini merupakan sesuatu yang menyinggung masyarakat setempat.

2. Jangan naik motor di pusat Kota Yangon

Naik motor mungkin merupakan sesuatu yang lumrah di kota-kota Indonesia. Namun di Kota Yangon, ada beberapa jalan yang dilarang dilintasi oleh sepeda motor. Ini merupakan hukum yang harus dipatuhi semua orang.

Oleh karena itu, hendaknya pahami tentang aturan berkendara di Myanmar, terutama Kota Yangon. Jangan sampai liburan harus berurusan dengan polisi setempat karena ketidaktahuan tentang aturan yang berlaku.

Baca juga: Berencana Liburan ke Laos? Hindari 4 Hal Ini

Jika ingin naik sepeda motor atau skuter listrik, hal itu bisa dilakukan di pinggiran Kota Yangon. Kota-kota lain di Myanmar juga tidak memberlakukan larangan bagi dua kendaraan tersebut.

3. Jangan menunjuk menggunakan kaki

Halaman:



Close Ads X