Bersediakah Anda Ditimbang sebelum Naik ke Pesawat?

Kompas.com - 19/04/2019, 12:46 WIB
Ilustrasi menimbang berat badanPhotodisc Ilustrasi menimbang berat badan


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan start up asal Inggris, Fuel Matrix ingin menimbang penumpang sebelum naik pesawat, sama halnya dengan menimbang barang bawaan penumpang tersebut. Tujuannya untuk meringankan biaya sekaligus emisi karbon yang dihasilkan oleh pesawat.

Bukan rahasia umum bahwa semakin berat beban pesawat, maka semakin banyak menghabiskan bahan bakar. Berujung pada pembengkakan biaya dan emisi karbon yang meningkat.

Kebanyakan maskapai di Eropa, lewat European Aviation Safety Agency sejak 2009 sebenarnya telah memprediksi biaya pesawat berdasarkan beban penumpang.

Baca juga: Masa Depan Kabin Pesawat, dari Kamar Kapsul sampai Kamar Suite

Beban biaya maskapai jika dibagi dengan berat rata rata penumpang maka satu orang penumpang laki laki maksimal 88 kg, satu orang penumpang perempuan maksimal bobot 70 kg, dan maksimal bobot anak anak 35 kg. Semuanya sudah termasuk barang bawaan masuk kabin.

Namun pada kenyataanya, di zaman sekarang jumlah maskimal tersebut sudah tidak relevan.

"Sangat penting untuk mengetahui berat yang dibawa maskapai untuk memastikan bahan bakar yang dibawa dengan akurat. Jika penumpang ditimbang sebelum lepas landas, pesawat akan secara akurat menghitung bobot bahan bakar," jelas CEO of technology start-up Fuel Matrix, Roy Fuscone dilansir dari Lonely Planet.

Baca juga: Unik, Pria Ini Jadi Penumpang Satu-satunya di Pesawat Menuju Italia

Fuscone yang saat ini memperkenalkan teknologi pengukuran dan pemindaian ke bandara-bandara Inggris mengatakan pengukuran bobot penumpang dapat dilakukan dengan cara yang tidak menyinggung dan angka bobot penumpang akan menjadi rahasia maskapai. Teknologi yang ia ciptakan mirip dengan pemindaian wajah di bandara.

Sebenarnya menimbang penumpang sebelum naik pesawat sudah dilakukan beberapa maskapai dunia. Contohnya pada 2017, Finnair memperkenalkan skema sukarela untuk mengumpulkan data berat penumpang.

Sebelum lepas landas penumpang di Bandara Helsinki ditimbang bobotnya. Pada 2015, Uzbekistan Airways mengumumkan akan menimbang penumpang saat check-in keberangkatan sebagai bagian dari kebijakan keselamatan penerbangan.

Di Indonesia pesawat dengan jenis ATR dan perintis rata rata menimbang penumpang dan barang bawaanya sebelum lepas landas. Hal ini juga ditujukan untuk keselamatan penerbangan.




Close Ads X