Share this page

Merasakan Sensasi Wisata Pantai di Dalam Goa

Kompas.com - 20/Apr/2019 , 07:19 WIB

Merasakan Sensasi Wisata Pantai di Dalam Goa


KOMPAS.com – Pantai di wilayah Selatan Bali masih jarang yang terekspos. Padahal, pesonanya tak kalah dengan pantai-pantai popular di Bali lainnya.

Kalau ada rencana ke Pulau Dewata, coba saja jangan lewatkan Pantai Suluban atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Blue Point.

Letak pantai tersebut memang jauh dari pusat kota. Lokasinya berada di ujung daerah Pecatu, Uluwatu, Bali. Dari Pura Uluwatu, jaraknya 3 kilometer.

Untuk ke sana, tak ada transportasi umum. Pilihan paling tepat mengunjungi Pantai Suluban adalah dengan menyewa motor atau mobil.

Berada di bawah tebing

Pantai Blue Point atau Pantai Suluban Uluwatu merupakan pantai dengan ciri khas tebing terjal dan ombak yang cukup besar.

Jika air pantai sedang surut, wisatawan bisa berendam di lagoon atau lubang karang, layaknya berendam di sebuah jacuzzi mewah. Bonusnya, pemandangan biru laut lepas Pantai Suluban. 

Untuk menjangkau pantai itu, wisatawan harus siap berolahraga. Pasalnya, Pantai Suluban berada di bagian bawah tebing.

Sekadar informasi, sebelum masuk ke area Pantai Suluban, pengunjung akan dikenakan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 8.000 untuk mobil.

Untuk sampai di situ, wisatawan harus berjalan menuruni tangga kurang lebih 200 meter. Nah, karena letak yang seperti ini lah membuat siapapun yang berada di pantai itu serasa seperti berada di dalam gua batu yang sangat besar.

Pantai Suluban berada di bawah tebing.https://pesona.travel Pantai Suluban berada di bawah tebing.

Perlu dicatat, dengan kondisi dan medan yang seperti itu, pantai ini sebetulnya kurang cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati bersama keluarga, khususnya untuk mereka yang membawa anak-anak.

Sebaliknya, Pantai Suluban memang lebih sesuai untuk mereka yang hobi berselancar. Hal ini dikarenakan ombak yang ada di sini cukup tinggi dan jaraknya cukup panjang.

Oleh karena itulah, di sekitar pantai ada banyal toko -toko yang menyewakan papan surfing. Untuk menyewanya biaya dibutuhkan sekira Rp50.000 sampai Rp100.000.

Selain aktivitas surfing, wisatawan bisa juga mencicipi kuliner. Ada banyak restoran di atas tebing.

Dari restoran tersebut, panorama Pantai Suluban terlihat jelas. Di situ juga biasanya wisatawan menikmati sunset.

Pulangnya, jangan lupa mampir id took-toko yang menjual souvenir. Meskipun jauh dari kota, ada banyak took di sepanjang jalan dekat Pantai Suluban yang menawarkan kerajinan tangan khas Bali, mulai dari tas rajut dari bambu, hingga gelang-gelang warna-warni.

Baca juga artikel lainnya mengenai destinasi di Bali:

Tabanan, Destinasi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Keunikan Terasering Desa Ceking Bali

Melihat Reruntuhan Kapal Perang di Tulamben

Selain Bali, Indonesia masih punya banyak destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Dapatkan informasinya dalam Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya