Ini Bar dan Pub Tahun 70-an yang Masih Beroperasi di Jakarta

Kompas.com - 20/04/2019, 10:02 WIB
Live music di Jaya Pub, Thamrin, Jakarta Pusat. Kompas.com/SHERLY PUSPITALive music di Jaya Pub, Thamrin, Jakarta Pusat.

 JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah membayangkan bagaimana rasanya menghabiskan malam di bar atau pub di era 70-an? Menikmati berbagai sajian makanan dan minuman ditemani lagu-lagu karya The Pilot, Freddie Mercurie, hingga The Beatles tentu akan menghadirkan pengalaman yang luar biasa.

Namun sayangnya, sebagian besar bar, diskotek hingga pub yang dibangun pada era 70-an kini telah gulung tikar. Sebut saja Tanamur atau Tanah Abang Timur, Green Pub, Nirwana, hingga Mini Disco yang kini tinggal nama.

Namun tahukah Anda, masih ada bar hingga pub di sekitar Jakarta yang dibangun pada era 70-an yang masih beroperasi hingga saat ini? Pub dan bar ini merupakan milik keluarga artis senior Frans Tumbuan dan Rima Melati. Kini, tempat-tempat hiburan malam tersebut dikelola oleh sang anak, Ardianto Airlangga.

Baca juga: Merasakan Sensasi “Dunia Malam” Era 70-an di Jaya Pub Thamrin...

Lalu dimana saja lokasi bar hingga pub era 70-an itu? Berikut Kompas.com merangkumnya untuk Anda.

Meja biliar di Jaya Pub yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Meja biliar di Jaya Pub yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

1. Jaya Pub

Jaya Pub didirikan pada tahun 1975 dan masih aktif beroperasi hingga kini. Pub ini berlokasi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di belakang Gedung Jaya di kawasan Sarinah.

Lima tahun yang lalu pub ini berada lebih dekat dengan Gedung Jaya, namun karena proyek pelebaran Kali Cideng, pub ini berpindah lokasi. Meski telah berpindah lokasi, interior hingga suasana yang dihadirkan di pub ini tetap dipertahankan seperti 44 tahun yang lalu.

Baca juga: “Dulu Jaya Pub Itu Langganannya Para Pejabat dan Ekspatriat...”

Ketika berkunjung, Anda harus masuk melalui sebuah pintu kaca gelap dan menaiki tangga terlebih dahulu. Di sana Anda akan menemukan pintu masuknya.

Hampir seluruh interior dalam pub ini terbuat dari kayu, mulai dari dinding berlapis kayu, lantai berlapis kayu, meja dan kursi, hingga bar yang terbuat dari kayu.

Pelanggan Jaya Pub menikmati alunan live music.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pelanggan Jaya Pub menikmati alunan live music.
Di dalam pub ini Anda akan melihat beragam lukisan tua yang akan “membawa” Anda ke suasana 70-an. Mulai dari foto Freddie Mercurie, Elvis Presley, Marilyn Monroe, Charlie Caplin, hingga The Beatles.

Baca juga: Nasi Goreng hingga Sate, Favorit Ekspatriat Tahun 70-an di Jaya Pub

Lagu-lagu yang biasa dibawakan oleh grup band di pub ini biasanya juga merupakan lagu tahun 70-an. Tak hanya itu, para pelayan mengenakan kemeja putih, rompi dan celana hitam, serta sepatu pantofel yang merupakan ciri khas pelayan pub tempo dulu.

Di sini Anda akan dapat menemukan beragam jenis makanan western dan Asia. Menurut Ardianto konsep makanan, minuman, lagu, hingga interior pub sengaja tak diubah sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X