KILAS

Karnaval Siap Meriahkan HUT Kabupaten Sumedang

Kompas.com - 20/04/2019, 13:43 WIB
Karnaval Siap Meriahkan HUT Kabupaten Sumedang Dok. Humas Kementerian PariwisataKarnaval Siap Meriahkan HUT Kabupaten Sumedang


KOMPAS.com
– Kabupaten Sumedang akan mengadakan sebuah karnaval untuk merayakan Hari Ulang tahun (HUT) ke-441.

Karnaval yang mengusung tema Kolaborasi Menuju Sumedang Simpati, Mengentaskan Kemiskinan, dan Memberdayakan UMKM ini akan dihelat pada 27 April 2019.

Rute yang diambil untuk memeriahkan karnaval ini akan dimulai dari Alun alun – Jl. Raden Suyud – Pertigaan Palasari/Cangkudu – Pertigaan Sayang – Jl. Pangenran Santri – Perempatan Gudang Kopi – Pertigaan BNI – Jl P. Geusan Ulun hingga kembali menuju Alun Alun.

Dalam karnaval ini, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir juga akan terlibat sebagai tim juri. Penilaiannya meliputi keseragaman, kesesuaian dengan tema, dan kekompakan.

"Kami ingin seluruh masyarakat Sumedang ikut memeriahkan kegiatan ini. Semua pejabat pemerintah daerah (Pemda) dan aparat juga akan ikut melebur dengan masyarakat," ujar Bupati Dony didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Agus Sukandar, Jumat (19/4/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Dia menambahkan, dengan adanya karnaval ini diharapkan bisa mendongkrak perekonomian kerakyatan di Sumedang. Ini karena pengentasan masyarakat pra sejahtera dan pemberdayaan UMKM menjadi tujuannya.

"Adapun tujuan lainnya agar tercipta semangat kebersamaan dalam upaya bersama-sama membangun Sumedang. Caranya adalah dengan mendorong kemajuan UMKM dan mengurangi angka kemiskinan," kata Bupati Dony.

Berkah bagi penjaja kuliner

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, karnaval ini pun akan membawa berkah bagi para penjaja kuliner yang nanti berjejer rapi di sepanjang jalan.

Begitu juga para pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kerajinan atau mainan anak-anak. 

"Sebuah event memang harus menjadi berkah bagi masyarakat. Pariwisata harus berjalan selaras serta mensejahterakan masyarakat," kata Adella Raung yang diamini oleh Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa), Wawan Gunawan.

Wawan Gunawan menambahkan, atraksi-atraksi wisata seperti ini harus rutin digelar di Sumedang sehingga potensinya makin terekspose oleh media. Pertumbuhan pariwisata Sumedang pun bisa makin cepat berkembang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X