Mengintip Rupa Bandara Internasional Yogyakarta...

Kompas.com - 22/04/2019, 08:07 WIB
Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta nyaris mencapai 100 persen. Sementara proyek keseluruhan bandara termasuk penerbangan domestik ditargetkan rampung akhir 2019 mencapai 47 persen.

Khusus Bandara Internasional Yogyakarta akan mulai beroperasi pada 29 April 2019. Saat ini beragam simulasi tengah dilakukan untuk memastikan kelayakan dan keamanan bandara ketika dioperasikan nanti.

Baca juga: Siap-siap! Bandara Internasional Yogyakarta Akan Beroperasi 29 April 2019

Lalu bagaimana rupa Bandara Internasional Yogyakarta tersebut? Berikut sejumlah dokumentasi foto yang Kompas.com terima dari PT Angkasa Pura I.

1. Runway atau Landasan Pacu Bandara

Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta.
Landasan pacu atau runway Bandara Internasional Yogyakarta memiliki panjang 3.250 meter dengan lebar 45 meter.

Baca juga: Indahnya Panorama Yogyakarta dari Ketinggian di Wisata Watu Goyang

Landasan pacu ini memiliki dua buah paralel taxiway atau jalur landas hubung pesawat berikut rapid exit way yang sudah siap digunakan untuk pendaratan pesawat.

2. Garbarata

Garbarata di Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Garbarata di Bandara Internasional Yogyakarta.
Untuk pengoperasian perdana pada akhir April nanti, sudah tersedia 4 garbarata untuk melayani penerbangan internasional.

Ke depannya akan disiapkan 6 garbarata lagi sehingga totalnya akan menjadi 10 garbarata di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo.

3. Terminal

Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta.
Bangunan terminal seluas 12.900 meter persegi siap digunakan pada pengoperasian perdana akhir April 2019.

Baca juga: Ada Bandara Baru, Pemkab Kulon Progo Akan Benahi Titik Wisata

Pada pengoperasian penuh di Desember 2019 nanti, total luas terminal penumpang menjadi 210.000 meter persegi.

Dengan luasan tersebut, dapat menampung sebanyak 14 juta penumpang per tahun atau hampir 10 kali lipat kapasitas ideal Bandara Adisutjipto yang saat ini hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

4. Masjid

Masjid Al-Akbar di Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Masjid Al-Akbar di Bandara Internasional Yogyakarta.
Bandara Internasional Yogyakarta memiliki masjid bernama Masjid Al-Akbar. Saat ini pembangunan masjid ini telah mencapai 100 persen dan dapat digunakan saat pengoperasiannya nanti. Masjid ini berbentuk setengah lingkaran dan dibangun di atas lahan seluas 760 meter persegi.

Daya tampungnya bisa mencapai 600 jamaah, dan mengusung konsep eco-green. Tidak perlu AC untuk menyejukkan suhu di dalam masjid, karena ventilasi yang terpasang membuat aliran udara berjalan lancar.

Angin dari laut pun dapat berembus dan memberi kesejukan pada jamaah yang sedang beribadah di Masjid Al-Akbar.

Selain itu masjid ini juga tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana. Interior masjid ini memakai ornamen desain batik kawung, dan di area luar sekeliling masjid akan dibangun taman hijau dan fasilitas penunjang lainnya.

5. Check in Counter

Bandara Internasional Yogyakarta.Dokumentasi PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta.

Fasilitas check in counter juga sudah selesai disiapkan. Terdapat 12 unit check in counter dan 3 unit immigration counter  di bandara ini.




Close Ads X