Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Kartini, Wisman di Bali Pakai Kebaya dan Sanggul

Kompas.com - 22/04/2019, 11:02 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BADUNG, KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) belajar mengenakan kebaya dan sanggul saat peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh hotel The Jayakarta, Legian, Badung, Bali.

"Ini adalah hari yang sangat menyenangkan. Terima kasih kepada pihak hotel yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," ujar wisatawan asal Jerman, Hoft Ingo, Minggu (21/4/2019).

Ia mengatakan, meskipun membutuhkan waktu cukup lama untuk mengenakan kebaya dan sanggul, dirinya sangat senang bisa mengenakan tradisional tersebut untuk pertama kalinya.

"Ini adalah budaya Indonesia, saya sangat mencintainya. Memang sedikit sulit memakainya, tapi tidak masalah karena tadi suamiku juga membantu mengenakan busana ini," katanya.

Baca juga: Liburan ke Bali, Jangan Kaget Toko-toko Tak Sediakan Kantong Plastik

Dalam kegiatan tersebut, petugas hotel terlebih dahulu memberikan contoh cara mengenakan kebaya dan memasang sanggul di kepala para wisatawan.

Kemudian para wisatawan dari berbagai negara itu dipersilahkan mengenakan kebaya dan sanggul dengan dibantu oleh keluarganya.

Setelah selesai mengenakan busana kebaya dan sanggul, mereka dipersilahkan memperagakan busana tersebut dan mendapatkan penjelasan tentang sejarah perjuangan RA Kartini.

Baca juga: Gunung Agung Erupsi, Bali Masih Aman Dikunjungi Wisatawan

Wisatawan asal Australia, Elys Bishop mengatakan, kebaya merupakan busana tradisional yang sangat menarik dikenakan.

"Busana tradisional ini sangat cantik apabila dikenakan. Namun untuk pemasangan sanggul memang lebih sulit dan harus lebih memperhatikan detail-detail cara pemasangannya," katanya.

Sementara itu, General Manager The Jakayakarta Bali, Agus Tabah menjelaskan, peringatan Hari Kartini yang melibatkan wisman itu digelar untuk lebih mengenalkan budaya dan sejarah Indonesia, khususnya perjuangan RA Kartini kepada wisatawan mancanegara yang merupakan tamu hotel.

Wisatawan mancanegara mengenakan busana kebaya dan sanggul saat peringatan Hari Kartini di sebuah hotel kawasan Legian, Badung, Bali, Minggu (21/4/2019). Kegiatan tersebut digelar untuk mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia khususnya perjuangan RA Kartini dan busana kebaya kepada wisatawan mancanegara sekaligus memberikan hiburan bagi tamu hotel.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Wisatawan mancanegara mengenakan busana kebaya dan sanggul saat peringatan Hari Kartini di sebuah hotel kawasan Legian, Badung, Bali, Minggu (21/4/2019). Kegiatan tersebut digelar untuk mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia khususnya perjuangan RA Kartini dan busana kebaya kepada wisatawan mancanegara sekaligus memberikan hiburan bagi tamu hotel.
"Kami ingin menunjukkan kepada tamu bahwa kami memiliki kebudayaan yang beranekaragam. Dengan kegiatan sederhana ini, paling tidak itu bisa membuat budaya Indonesia bisa lebih dikenal oleh tamu-tamu kami dari mancanegara," katanya

Selain menggelar kegiatan tersebut, untuk memperingati Hari Kartini, seluruh karyawati di hotel yang sekitar 90 persen tamunya berasal dari Australia itu juga mengenakan busana tradisional kebaya.

"Kami melihat semangat perjuangan perempuan dari sosok RA Kartini. Pemakaian busana kebaya ini adalah salah satu cara karyawati kami untuk meneruskan semangat perjuangan itu," tambah Agus Tabah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com