BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

"Itinerary" Seru Buat Kamu yang Berencana ke Hong Kong Tahun Ini

Kompas.com - 22/04/2019, 11:21 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai kota modern dan metropolitan, banyak wisatawan yang mengunjungi Hong Kong untuk tujuan berbelanja. Padahal, di samping itu, ada banyak hal yang ditawarkan Hong Kong sebagai destinasi wisata.

Dilansir dari situs web TimeOut, Selasa (8/1/2019), sepanjang tahun 2019 ada banyak event menarik yang akan digelar di Hong Kong. Jadi, kalau Anda berencana ke kota metropolitan tersebut .

Catat jadwal

Terdekat, pada Mei 2019, akan ada beberapa pergelaran seni dan budaya, seperti Le French May yang merupakan kolaborasi kebudayaan Hongkong dan Perancis.

Selain itu, ada pula festival musik multi genre Shi Fu Miz Festival 2019, pesta budaya Cheng Chau Bun Festival, dan konser dari salah satu penyanyi internasional kenamaan Jason Mraz.

Kemudian akan digelar perlombaan dayung Stanley Dragon Boat Championship pada Juni 2019.

Nah bagi yang hobi baca buku, Hong Kong bisa menjadi tempat yang tepat untuk berburu buku. Sebab pada bulan Juli mendatang, ada Hong Kong Book Fair.

ilustrasi cosplayShutterstock ilustrasi cosplay

Masih di bulan yang sama, ada pergelaran Ani-Com and Games Expo. Di sini Anda bisa menemukan komik-komik limited edition, mainan action figure, dan barang koleksi lainnya dari Jepang hingga seluruh dunia.

Di pameran ini juga Anda bisa menyaksikan pertunjukan cosplay raksasa dan berpeluang mendapatkan hadiah game konsol terbaru.

Tak hanya itu saja, gelaran musik Jamaika Endless Summer Hong Kong International Reggae Ska Festival pun rencananya akan digelar di Hong Kong pada Agustus nanti.

Sementara itu, di bulan yang sama Anda juga akan dimanjakan oleh beragam sajian kuliner pada acara Hong Kong Food Expo. Bersamaan, akan ada Hong Kong Wine and Dine Festival. Di festival ini seluruh wine terbaik dari seluruh dunia bisa Anda temukan.

Buat yang doyan pesta dan cinta budaya

Bagi yang doyan berpesta, Hong Kong juga punya sederet acara yang sayang untuk dilewatkan.

Waktu terbaik buat mereka adalah akhir tahun. Ini karena sepanjang November hingga Desember, Hong Kong akan menggelar festival musik elektronik yang dimeriahkan oleh DJ terbaik dari seluruh dunia.

ilustrasi festival musik elektronikShutterstock ilustrasi festival musik elektronik

Contohnya Clockenflap pada November dan Creamfield pada Desember yang menghadirkan Armin Van Buuren and Diplo sebagai pengisi acaranya.

Namun, dilihat dari keseluruhan acara, Hong Kong nyatanya bukan hanya untuk orang pecinta gemerlap kota metropolitan.

Sebab, beberapa acara juga menyajikan budaya yang kental. Seperti pergelaran Stanley Dragon Boat Championship atau lomba dayung perahu naga yang sebelumnya disinggung, pada dasarnya adalah kebudayan orang Tionghoa. Di Hong Kong, acara ini diselenggarakan rutin tiap tahun.

Selain acara keolahragaan, pergelaran tersebut adalah momentum untuk mengenang cendekiawan Qu Yuan—seorang menteri Raja Huai dari Negara Chu pada masa negara berperang (Zhan Guo Shi Dai, 475 SM – 221 SM).

Ia adalah contoh seorang pejabat jujur, berbakat, dan setia pada negaranya. Ia banyak memberikan ide untuk memajukan negara Chu, bersatu dengan negara Qi untuk memerangi negara Qin.

Namun sayang, ia dikritik oleh keluarga raja yang tidak senang padanya, yang berakhir pada pengusiran dirinya dari Ibu Kota. Ia yang sedih akan masa depan negara tersebut kemudian bunuh diri dengan melompat ke sungai.

Nah, rakyat yang ikut bersedih kemudian mencari-cari jenazahnya. Mereka juga melemparkan banyak makanan ke sungai agar ikan dan udang di sungai itu tak mengganggu jenazah Qu Yuan.

Itulah yang kemudian diperingati rutin tiap tahun di beberapa negara, termasuk Hong Kong. Agar lebih menyenangkan dan menghibur, peringatan itu dibersamai dengan acara lomba dayung perahu yang sudah dihias dengan kepala naga.

Sekarang tinggal pilih, mana gelaran acara yang paling sesuai dengan karakter dan kesukaan Anda.

Rancang dan siapkan perjalanan Anda, mulai dari akomodasi seperti tiket pesawat dan tempat menginap lewat aplikasi Traveloka untuk mendapatkan harga terbaik.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com