Share this page

Pantai Nglambor, Satu dari Pantai Indah di Gunungkidul Yogyakarta

Kompas.com - 22/Apr/2019 , 16:33 WIB

Pantai Nglambor, Satu dari Pantai Indah di Gunungkidul Yogyakarta

KOMPAS.com - Ingin berwisata sambil menikmati alam bawah laut di Yogyakarta? Pantai Nglambor jawabannya.

Pantai yang berada di kawasan Gunungkidul Yogyakarta ini memang terkesan berbeda dengan pantai lainnya. Arusnya tenang, dan airnya jernih, sehingga wisatawan bisa beraktivitas snorkeling di sini.

Keadaan arus yang seperti itu memang menjadi hal yang ganjil terjadi pada pantai-pantai di kawasan Gunungkidul—yang kebanyakan memiliki arus dan ombak yang tinggi.

Ternyata, hal itu terjadi berkat dua batu kaang raksasa yang mengapit pantai tersebut sehingga pantai lebih terasa seperti laguna kecil yang garis pantainya tidak lepas. Uniknya, bentuk karang mirip seperti kura-kura. Orang bilang, dua kura-kura itu sang penjaga pantai dari hempasan ombal Laut Selatan Jawa.

Snorkeling di Pantai Nglambor amat menyenangkan karena alam bawah lautnya begitu cantik. Biota laut yang hidup di dalamnya pun beraneka ragam. Dengan airnya yang jernih, pengunjung bahkan sudah bisa melihat ikan-ikan kecil dan biota laut dari permukaan.

Adapun jenis ikan yang banyak terlihat adalah Sergeant Major, Jambrong, dan beberapa ikan kecil lainnya.

Untuk bisa menikmati keelokan alam bawah air Pantai Nglambor, wisatawan dapat membawa perlengkapan snorkeling sendiri atau menyewanya di penyedia peralatan yang ada di Pantai Nglambor.

Biaya sewanya berkisar antara Rp 35.000 - Rp 50.000 untuk paket peralatan snorkel, masker, sepatu karet, life jacket, dan peralatan lain. Bagi yang ingin mendokumentasikan momen juga tersedia jasa fotografer di atas dan di bawah permukaan laut.

Mengenal si kura-kura

Karang berbentuk kura-kura yang disebutkan pada awal artikel tadi pada dasarnya merupakan pulau.

Pantai Nglambor, Gunungkidul Yogyakarta. Di sini wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling.https://pesona.travel Pantai Nglambor, Gunungkidul Yogyakarta. Di sini wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling.

Nama pulau karang itu adalah Watu Kalong dan Watu Kuntul.orang senang mengujunginya karena alamnya memang terjaga.

Konon, selain dijaga oleh alam, Pantai Nglambor juga dijaga oleh warga sekitar lewat sebuah tradisi bernama ngalangi. Itu adalah istilah bahasa Jawayang artinya menghalangi.

Ngalangi merupakan upacara sedekah laut yang bertujuan untuk menghalangi siapapun menangkap ikan secara liar.

Penangkapan ikan di kawasan Pantai Nglambor hanya dilakukan setahun sekali dengan menggunakan gawar atau jaring terbuat dari akar pohon wawar yang dipancang dan dihalau ke laut. Hal ini sengaja dilakukan untuk menjaga ekosistem ikan yang ada di pantai ini agar terus lestari.

Destinasi menarik lainnya di Yogyakarta terangkum dalam informasi berikut:

 Gunung Kidul, Land of Paradise di Selatan Jawa

3 Tempat Kopi Paling Gaul di Yogyakarta

Candi Kalasan, Peninggalan Buddha Tertua di Yogyakarta

Selain itu, Indonesia masih punya banyak destinasi lain yang sayang untuk dilewatkan. Telusuri dna temukan informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya