Naik Maskapai Berbiaya Rendah, Waspadai 7 Biaya Tambahannya

Kompas.com - 22/04/2019, 19:05 WIB
Ilustrasi pesawat rebelcircus.comIlustrasi pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai berbiaya rendah seringkali menjadi andalan wisatawan untuk menghemat biaya transportasi antar kota atau antar negara. Namun penting untuk mengetahui, bahwa sebenarnya maskapai berbiaya rendah juga menerapkan biaya tambahan untuk berbagai detail selama penerbangan.

Biaya tambahan ini bisa berbeda antara satu maskapai dengan maskapai berbiaya rendah lainnya. Ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang dikenakan biaya tambahan di maskapai berbiaya rendah, agar tujuan menekan bujet transportasi dapat berjalan lancar.

Berikut tujuh hal yang dapat menjadi biaya tambahan saat menumpang maskapai berbiaya rendah:

1. Cetak Boarding Pass

Beberapa maskapai berbiaya rendah di dunia menerapkan biaya tambahan jika penumpang ingin mencetak boarding pass. Misalnya Rryanair yang mengenakan biaya 70 Euro setara Rp 1,1 juta, jika penumpang datang ke bandara tanpa melakukan check in online sebelumnya.

Biaya tersebut akhirnya mendapat protes dan sejak 2013 diturunkan menjadi 15 Euro, setara Rp 240.000, dengan catatan penumpang sudah melakukan check in online tetapi tidak membawa boarding pass yang sudah tercetak.

2. Membawa Banyak Bagasi dan Kelebihan Beban

Maskapai berbiaya rendah membatasi barang bawaan penumpang. Rata-rata maksimal satu bagasi kabin untuk beban tujuh kilogram, per satu penumpang. Lebih dari itu, maskapai akan mengenakan biaya.

Baiknya pesanlah bagasi tambahan lewat online, sebab harga check in bagasi di bandara lebih mahal dibanding online. Ketahui kebijakan bagasi setiap maskapai, biasanya beda benua ada perbedaan akan kebijakan maskapai.

3. Biaya Pergantian Jadwal Penerbangan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Tripsavvy
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X