Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Inovasi Teknologi Terbaru dalam Industri Perhotelan

Kompas.com - 23/04/2019, 07:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat kini hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Perkembangan teknologi atau digitalisasi ini juga merambah industri perhotelan.

Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Machine Learning, dan Otomatisasi merupakan inovasi teknologi yang tak hanya merevolusi dari sisi pengalaman konsumen, namun juga mampu memberikan kemudahan dari sisi bisnis.

Contohnya seperti brankas atau mesin kasir yang perlahan digantikan dengan barcode, pembayaran mobile, dan sekarang teknologi berbasis komputasi awan (cloud).

Baca juga: Sejarah Hotel Kapsul, Berawal dari Jepang, Kini Ada di Indonesia

Inovasi ini telah sepenuhnya menggantikan kebutuhan akan sistem pembayaran secara fisik di loket resepsionis atau kasir, sekaligus meningkatkan pengamanan, efisiensi, dan transparansi.

Chief Technology Officer OYO Hotels & Homes, Anil Goel mengatakan kecanggihan teknologi terbaru membantu para pemain industri untuk menemukan solusi-solusi potensial bagi para konsumen.

"Bagi pemilik hotel, penting untuk terhubung dengan inovasi teknologi terbaru agar tetap dapat berkompetisi dalam industri yang dinamis. Memastikan pengalaman pelanggan yang berkualitas membutuhkan pendekatan menyeluruh, melibatkan banyak aspek operasional dan profesional,” kata Anil dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Kamis (4/4/2019).

Ia menjelaskan OYO merupakan perusahaan pertama yang memperkenalkan solusi berbasis teknologi dari sisi pengelola hotel.

Baca juga: Semalam Tidur di Hotel Kapsul, seperti Ini Rasanya...

Teknologi tersebut pun diharapkan dapat membantu mengelola operasional hotel sehingga dapat lebih efektif dan efisien juga memberikan pengalaman yang terstandarisasi bagi konsumen.

Berikut merupakan enam inovasi teknologi terbaru yang harus diketahui para pemain di industri perhotelan:

1. Internet of Things (IoT)

Teknologi ini biasa digunakan untuk mengendalikan lampu dan suhu ruangan.

2. Big data

Teknologi ini bisa membantu pengelola hotel dalam menawarkan pengalaman menginap yang lebih personal.

Misalnya, pengelola hotel dapat membantu menyarankan lokasi wisata yang lebih tepat kepada tamu berdasarkan usia, budget, dan jenis kelamin.

3. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com