7 Cara Liburan yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 23/04/2019, 12:07 WIB
Ilustrasi kemah di tenda.Darrin Klimek Ilustrasi kemah di tenda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Bumi dapat dirayakan dengan cara berwisata ramah lingkungan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat wisata berkelanjutan, tanpa perlu mengorbankan alam.

Meskipun terlihat sederhana, liburan tanpa meninggalkan jejak sampah ini akan sangat berarti untuk lingkungan. Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada hari Senin, (22/4/2019), berikut adalah delapan cara berwisata ramah lingkungan:

1. Gunakan transpotasi umum

Ketika melakukan perjalanan liburan, pilihlah angkutan umum alih alih transportasi pribadi. Selain menghemat bahan bakar dan uang, cara ini terbilang menarik untuk menambah penglaman hidup layaknya orang lokal.

Semakin banyak orang yang menggunakan transportasi umum juga semakin mengurangi jejak karbon dari polusi kendaraan.

2. Gunakan layanan secara bijak

Menginap di hotel atau tempat tempat penginapan lainnya sering membuat kita menyalahgunakan fasilitas yang ada, seperti lampu, AC, televisi, dan lainnya. Meski sudah membayar, namun perilaku bijak bukanlah dengan membuang sumber daya tersebut sia-sia.

3. Gunakan fasilitas kamar secara bijak

Jika handuk, sprei, dan selimut kamar di penginapan kita masih bersih, tidak perlu diganti setiap hari. Kita bisa menghemat banyak energi dan air untuk hal ini.

Pihak hotel biasanya meninggalkan papan atau penanda untuk membantu mereka mengetahui apakah handuk atau sprei tamu ingin dicuci atau terus dipakai. Jika tidak ada, Anda dapat membuat catatan kecil kepada housekepping.

4. Bantu melindungi satwa liar

Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan membeli hewan dari spesies yang terancam punah. Hal ini adalah tindakan ilegal. Kita juga harus ikut mendukung tindakan membunuh dan menghancurkan satwa liar.

Jangan membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun. Termasuk memeluk atau berada dalam jarak dekat pada hewan liar yang tampak jinak.

Halaman:



Close Ads X