3 Agenda Wisata untuk Liburan ke Sulawesi Utara Tahun 2019

Kompas.com - 23/04/2019, 18:05 WIB
Perahu hias di Pantai Pal, Marinsow, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Pantai ini jadi tempat terselenggaranya Festival Bunaken 2015 dari 24 - 27 Oktober 2015. KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COMPerahu hias di Pantai Pal, Marinsow, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Pantai ini jadi tempat terselenggaranya Festival Bunaken 2015 dari 24 - 27 Oktober 2015.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga acara pariwisata unggulan Sulawesi Utara yakni Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival, dan Festival Pesona Selat Lembeh masuk dalam daftar Calender of Event Wonderful Indonesia.

"Sejak tahun 2016 pemerintah provinsi dan kabupaten Sulawesi Utara terus nenggenjot pariwista. Hasilnya bisa dilihat dari pertumbuhan tertinggi di Indonesia dengan kunjungan yang melonjak setiap tahunnya," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulwesi Utara Edwin H. Silangen di acara peluncuran Cakender of Event Sulwesi Utara, di Gedung Saota Pesona, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Edwin menyebutkan pelaksanaan tiga kegiatan akan menampilkan berbagai produk unggulan dari daerah, pentas seni, marine tourism, eco torusim, karnaval, fashion, dan olahraga.

"Muda-mudahan di tahun berikutnya Sulawesi Utara bisa menambah acara untuk Calender Event Wonderful Indonesia, dari 15 kabupaten di Sulawesi Utara," Kata Edwin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya hadir di acara yang sama menyebutkan dari 14 acara ada tiga acara Sulawesi Utara yang berhasuk masuk Calender of Event Wonderful Indonesia.

"Bagi yang masuk Calender of Event Wonderful Indonesia akan akan didampingi dan menjadi model (nasional)," jelas Arief.

Festival Pesona Bunaken akan berlangsung di Manado pada 26-29 Juli 2019. Festival ini berpusat di Pulau Bunaken yang memiliki luas 8,08 kilometer persegi di Teluk Manado. Festival ini juga merupakan bentuk melestarikan sumber daya laut Sulawesi Utara.

Sedangkan Tomohon International Flower Festival berlangsung di Kota Tomohon pada 7-12 Agustus 2019. Event ini terkenal dengan parade mobil hias menggunakan bunga dan tanaman hias yang terkenal dari Tomohon.

Terakhir pada 6-10 Oktober 2019, Festival Pesona Selat Lembeh berlangsung di Satkamla, Kecanatan Aertembaga Kota Bitung. Acara ini dimeriahkan dengan sailing pass, lomba kapal hias, colar plantation, thanksgiving ala Bitung, festival kuliner, dan pentas seni budaya. Selat Lembeh terkenal sebagai salah satu wisata bahari andalan Sulawesi Utara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X