Indahnya Hijau Perbukitan di Green Village Gedangsari Gunungkidul

Kompas.com - 23/04/2019, 19:09 WIB
Wisata Green Village Gedangsari di Gunungkidul, Yogyakarta. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaWisata Green Village Gedangsari di Gunungkidul, Yogyakarta.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Pariwisata merupakan sektor andalan utama Kabupaten Gunungkidul. Pantai-pantai pasir putih, goa, hingga obyek wisata di pergunungan, semua ada di Gunungkidul.

Setiap hari libur, obyek-obyek wisata di Gunungkidul hampir selalu diserbu banyak wisatawan. Biasanya kawasan pantai menjadi salah satu obyek wisata yang paling ramai kunjungan.

Baca juga: Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Namun pesona Gunungkidul tidak hanya ada di pantainya. Ada satu tempat di kawasan pergunungan yang menawarkan pesona keindahan alam. Obyek wisata itu adalah Green Village Gedangsari.

Berjarak sekitar 43 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam, Green Village Gedangsari tepatnya berada di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Hamparan pergunungan hijau

Green Village Gedangsari berada di sisi utara hamparan pergunungan yang memisahkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Secara administratif, Kecamatan Gedangsari berbatasan dengan Kecamatan Gantiwarno, Wedi, dan Bayat di sebelah utara.

Baca juga: Menyusuri Geoforest Watu Payung Turunan, Permata dari Gunungkidul

Sesuai dengan namanya, Green Village Gedangsari kental akan nuansa hijau dari kawasan pergunungan di sekitarnya. Barisan pergunungan sisi selatan tempat Embung Batara Sriten Berada tampak bagai dinding hijau raksasa.

Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari.
Tampak rumah-rumah dan jaringan jalan yang tampak begitu kecil di lereng pergunungan itu. Jika dilihat menggunakan lensa zoom beberapa joglo di kawasan Embung Batara Sriten akan terlihat cukup kecil.

Berkunjung ketika tengah hari bukanlah masalah. Panasnya matahari seolah mampu diredam oleh embusan angin pergunungan. Selain itu, ada banyak tempat berteduh semacam gazebo yang telah dibangun oleh pengelola dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Spot foto menawan di ketinggian

Selain menyajikan panorama berupa barisan perbukitan hijau di sisi selatan, pemandangan berupa hamparan terbuka dari ketinggian juga bisa didapatkan di Green Village Gedangsari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X