Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Flores, Wisatawan Diimbau Waspada

Kompas.com - 23/04/2019, 22:06 WIB
Gelombang pasang yang melanda pantai Selatan Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/4/2019). KOMPAS.com/NANSIANUS TARISGelombang pasang yang melanda pantai Selatan Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/4/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com - Dalam 5 hari terakhir dalam bulan April 2019 ini, gelombang pasang melanda wilayah perairan pantai Selatan Flores khusunya di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, Daeng Bakir menjelaskan gelombang pasang di pantai Selatan Sikka sudah mulai sejak 5 hari yang lalu.

Menurut Bakir, air laut di pantai Selatan itu naiknya pada siang hari.

"Airnya naik sampai masuk di badan jalan. Ombaknya sampai tinggi 5 meter. Karena pantai Selatan ini masuk daerah wisata, kami dari BPBD mengimbau kepada wisatawan agar waspada dan hati-hati bermain di pantai. Kalau bisa jangan dulu melakukan aktivitas di pantai apalagi berenang," ungkap Bakir kepada Kompas.com saat memantau kondisi gelombang di pantai Selatan Sikka, Selasa (22/4/2019).

"Yang sudah mulai terkena dampak air laut ini mulai dari Kecamatan Paga dan Lela. Kedua kecamatan ini termasuk daerah destinasi wisata," sambungnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, NTT, Daeng Bakir (kiri).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, NTT, Daeng Bakir (kiri).
Ia berharap kepada semua pelaku wisata di pantai Selatan agar mengimbau kepada para wisatawan untuk berhati-hati selama berkunjung.

Menurutnya, gelombang pasang di pantai Selatan itu belum bisa diprediksi kapan akan berhenti.

"Intinya masyarakat dan juga selalu waspada. Saat ini air laut sudah naik menghantam jalan dan merendam ratusan rumah warga di 2 kecamatan pesisir pantai Kabupaten Sikka," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X