Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Flores, Wisatawan Diimbau Waspada

Kompas.com - 23/04/2019, 22:06 WIB
Nansianus Taris,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com - Dalam 5 hari terakhir dalam bulan April 2019 ini, gelombang pasang melanda wilayah perairan pantai Selatan Flores khusunya di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, Daeng Bakir menjelaskan gelombang pasang di pantai Selatan Sikka sudah mulai sejak 5 hari yang lalu.

Menurut Bakir, air laut di pantai Selatan itu naiknya pada siang hari.

"Airnya naik sampai masuk di badan jalan. Ombaknya sampai tinggi 5 meter. Karena pantai Selatan ini masuk daerah wisata, kami dari BPBD mengimbau kepada wisatawan agar waspada dan hati-hati bermain di pantai. Kalau bisa jangan dulu melakukan aktivitas di pantai apalagi berenang," ungkap Bakir kepada Kompas.com saat memantau kondisi gelombang di pantai Selatan Sikka, Selasa (22/4/2019).

"Yang sudah mulai terkena dampak air laut ini mulai dari Kecamatan Paga dan Lela. Kedua kecamatan ini termasuk daerah destinasi wisata," sambungnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, NTT, Daeng Bakir (kiri).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, NTT, Daeng Bakir (kiri).
Ia berharap kepada semua pelaku wisata di pantai Selatan agar mengimbau kepada para wisatawan untuk berhati-hati selama berkunjung.

Menurutnya, gelombang pasang di pantai Selatan itu belum bisa diprediksi kapan akan berhenti.

"Intinya masyarakat dan juga selalu waspada. Saat ini air laut sudah naik menghantam jalan dan merendam ratusan rumah warga di 2 kecamatan pesisir pantai Kabupaten Sikka," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com