Menikmati Sejuk dan Asrinya Alam di Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Kompas.com - 24/04/2019, 10:10 WIB
Pengunjung melintas di atas Bendungan Candi Muncar,Girimarto, Wonogiri. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPengunjung melintas di atas Bendungan Candi Muncar,Girimarto, Wonogiri.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Berwisata ke daerah pergunungan merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi liburan. Hawa sejuk dan segar mampu mengusir segala lelah dan penat rutinitas harian.

Bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya, berwisata ke daerah pergunungan bisa dilakukan dengan mudah. Itu karena Wonogiri dikelilingi oleh banyak pergunungan. Sesuai namanya dalam bahasa Jawa, Wono atau Wana berarti hutan dan Giri berarti gunung.

Baca juga: Asyiknya Terbang Naik Perahu di Langit Wonogiri

Memang kebanyakan pergunungan di sekitar Wonogiri berada di bawah ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga udara sejuk masih kurang terasa. Meski demikian, ada obyek wisata Wonogiri yang berada di atas ketinggian 1.000 mdpl.

Obyek wisata itu salah satunya adalah Bendungan Candi Muncar yang secara administrarif berada di Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Jarak dari Kota Wonogiri adalah sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Kesejukan Lereng Lawu Selatan

Obyek Wisata Bendungan Candi Muncar termasuk kawasan paling tinggi di Kabupaten Wonogiri dengan ketinggian sekitar 1170 mdpl. Hal itu membuat suasana khas pergunungan dengan udaranya yang sejuk dan segar begitu terasa di sini.

Bendungan Candi Muncar berada di lereng pergunungan Lawu Selatan. Kawasan pergunungan yang berada di selatan Gunung Lawu ini mendominasi sisi timur laut Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Wonogiri Juga Punya Hutan Pinus yang Instagramable, Tertarik?

Sebuah telaga yang dikelilingi pergunungan hijau langsung menyambut pengunjung yang sampai di Bendungan Candi Muncar ini. Sama seperti namanya, ada bendungan sederhana yang membendung air telaga agar tidak langsung mengalir sekaligus ke sungai.

Perpaduan sejuk dan segarnya udara pergunungan dengan suasana alam yang asri menjadikan obyek wisata ini pas dikunjungi untuk bersantai. Air telaga dan sungai pun cukup sejuk dan dingin.

Bersantai di Tepi Telaga Muncar.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bersantai di Tepi Telaga Muncar.

Sumber air telaga dan sungai berasal dari air terjun yang mata airnya berada di tengah hamparan pergunungan Lawu Selatan. Air terjun bernama Muncar itu bisa dikunjungi dengan berjalan kaki selama sekitar satu jam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X