Ingin Foto Malam Keren di Pintu Langit Dahromo? Simak 4 Tips Ini

Kompas.com - 24/04/2019, 17:08 WIB
Foto malam di Pintoe Langit Dahromo, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Foto malam di Pintoe Langit Dahromo, Bantul.

BANTUL, KOMPAS.com – Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul menyimpan banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pintu Langit Dahromo.

Sesuai dengan namanya, ada ornamen pintu dengan latar belakang hamparan terbuka yang menyajikan panorama keindahan Yogyakarta dari ketinggian. Satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini adalah hunting foto malam hari.

Baca juga: Gemerlap Yogyakarta dari Pintu Langit Dahromo

Hal itu karena latar belakang panorama berubah menjadi gemerlap cahaya lampu Yogyakarta yang begitu menawan. Jika berniat hendak hunting foto malam hari di Pintu Langit Dahromo, ini dia 4 tipsnya:

1. Bawa perangkat fotografi yang memadai

Jika di Pinus Pengger pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan fotografi karena sudah ada jasa fotografer, maka Pintu Langit Dahromo tidaklah demikian. Pengunjung harus membawa perangkat fotografi sendiri.

Kamera yang mumpuni seperti DSLR dan mirrorless harus dibawa. Selain itu, perlengkapan tambahan lainnya yang harus dibawa minimal adalah tripod karena kamera harus diam 100 persen saat memotret.

2. Gunakan teknik long exposure

Long exposure merupakan cara yang pas digunakan untuk mampu mendapatkan hasil jepretan malam dengan baik. Hal itu karean suasana cukup gelap jika dijepret dengan kecepatan rana di bawah satu detik.

Kombinasi kecepatan rana selama 3,2 detik dengan bukaan lensa sebesar 4.5, dan ISO 1600 sudah bisa menghasilkan foto malam yang mumpuni. Jika menggunakan model, ia harus diam sekitar 3,2 detik saat kamera memotret dengan kecepatan rana tersebut.

3. Pakai baju warna cerah

Selain pintu langit, ada pula piano langit berupa ornamen piano dari triplek yang berlatar belakang panorama yang sama. Hasil foto akan lebih hidup ketika menyertakan model yang berpose di ornamen pintu langit atau piano langit.

Foto Malam di Piano Langit Wisata Pintoe Langit Dahromo, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Foto Malam di Piano Langit Wisata Pintoe Langit Dahromo, Bantul.

Jika menyertakan model saat memotret foto malam, maka pakaian berwarna cerah merupakan setelan yang pas. Hal itu karena latar belakang langit malam yang berwarna hitam sehingga pakaian berwarna hitam atau gelap tidak akan tampak bagus.

Baca juga: Menikmati Keindahan Malam di Wisata Hits Jogja, Pinus Pengger

Selain itu, penerangan di dua spot foto Pintu Langit Dahromo tidak begitu baik. Tidak ada lampu sorot khusus dan hanya ada lampu neon berwarna putih. Maka dari itu, pakaian yang cerah dibutuhkan agar mampu memantulkan cahaya lampu dengan lebih maksimal.

4. Datang ketika cuaca cerah

Periksa kondisi cuaca sebelum berangkat ke Pintu Langit Dahromo. Saat cuaca cerah, maka aktivitas memotret akan lebih leluasa dan memungkinkan untuk dilakukan. Sebaliknya jika hujan, bisa jadi pemotretan tidak memungkinkan.

Baca juga: Ribuan Bintang Terhampar di Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta

Jika sampai basah, maka kamera bisa mengalami kerusakan seperti korslet sehingga tentunya merugikan. Selain itu saat menuju spot foto, pengunjung harus melalui jalan setapak sehingga cukup licin dan becek saat diguyur hujan.




Close Ads X