Mengenal Leworok, Kopi Khas Flores Timur yang Kaya Aneka Rasa

Kompas.com - 24/04/2019, 18:21 WIB
Peracik Kopi Leworok asal Flores Timur, Yosep Lawe Oyan ditemani istrinya Elisabet Nue Manuk saat menjual Kopi Leworok di Pantai Rako, Minggu (7/4/2019). KOMPAS.com/NANSIANUS TARISPeracik Kopi Leworok asal Flores Timur, Yosep Lawe Oyan ditemani istrinya Elisabet Nue Manuk saat menjual Kopi Leworok di Pantai Rako, Minggu (7/4/2019).

LARANTUKA, KOMPAS.com - Sudah tahu kan kalau Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu salah satu daerah penghasil kopi yang berkualitas tinggi? Sudah coba kan kopi flores yang dengan aneka rasa itu?

Kopi flores memang memiliki keunikan tersendiri. Aromanya yang khas membuatnya berbeda dengan kopi daerah lainnya.

Salah satunya yang anda bisa rasakan adalah Kopi Leworok. Kopi Leworok ini adalah kopi khas Kabupaten Flores Timur.

Minggu (7/4/2019), Kompas.com mengikuti Festival Bale Nagi di Pantai Rako, Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Baca juga: Mencari Kopi Manggarai di La Bajo Flores Coffee...

Tepat pukul 15.00 saya dan teman jurnalis tiba di Pantai Rako itu. Suasananya tampak ramai. Masyarakat yang ikut Festival Bale Nagi cukup serius menyaksikan beragam atraksi yang disajikan panitia.

Namun, tepat di sebelah kanan arena festival itu ada sebuah stan kecil yang berukuran 3 x 3 meter beratapkan terpal ramai dikerumuni warga.

Kami pun jadinya ikut menepi di stan yang tampak ramai itu. Ternyata, itu adalah stan penjual Kopi Leworok. Di dinding belakang terpampang jelas tulisan "Kopi Leworok".

Baca juga: Kopi Indonesia Turut Meramaikan Vienna Coffee Festival

Warga terlihat terpaksa antrean untuk membeli kopi yang sudah dibungkus dalam kemasan itu. Di kulit kemasannya bertuliskan "Kopi Leworok".

Beberapa menit kemudian, stan sudah mulai sepi tanpa pengunjung. Saya pun merapat ke stan itu dan langsung menyapa si penjual sekaligus peracik Kopi Leworok tersebut.

Senyum ramah terpancar di wajah sang peracik Kopi Leworok ini. Tegur sapa pun dimulai. Ternyata sang peracik kopi ini bernama Yosep Lawe Oyan.

Baca juga: Ngopi Asyik di Tampaksiring Sambil Belajar soal Kopi

Dalam meracik dan mempromosikan Kopi Leworok itu, ia tidak sendiri. Istri tercintanya pun ikut aktif memasarkan hasil racikan mereka kepada publik.

Kepada Kompas.com, ia menceritakan awal perjuangannya meracik kopi dari Kampung Leworok, Desa Leraboleng, Kecamatan Titihena, Kabupaten Flores Timur hingga Kopi Leworok dikenal dan kini digandrungi para pecinta kopi di nusantara ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X