Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berfoto Keren di Hutan Pinus Kragilan yang “Instagramable”

Kompas.com - 24/04/2019, 20:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com – Sekarang ada banyak tempat wisata yang menawarkan spot foto yang keren. Hasil foto dari sana nantinya bisa menjadi kenang-kenangan menarik yang bisa diunggah di berbagai media sosial.

Hutan Pinus Kragilan menjadi satu tempat wisata menarik yang menawarkan spot-spot foto keren. Sesuai namanya, spot foto keren itu berada di tengah hutan pinus yang semakin unik dengan jalan desa yang melintang di tengah hutan.

Baca juga: Pinusan Kragilan, Hutan Pinus “Instagrammable” di Lereng Barat Gunung Merbabu

Seperti kebanyakan tempat wisata yang cocok untuk aktivitas foto-foto, Pinus Kragilan juga banyak dikunjungi banyak wisatawan.

Jika hendak berkunjung ke Hutan Pinus Kragilan pada hari libur untuk mendapatkan hasil foto yang Instagramable, berikut 4 tips-nya:

1. Datang pagi hari

Hasil jepretan keren Pinus Kragilan yang tersebar di media sosial menjadikan obyek wisata ini banyak dikunjungi orang-orang. Kebanyakan mereka ingin berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang menawan.

Baca juga: Wonogiri Juga Punya Hutan Pinus yang Instagramable, Tertarik?

Oleh karena itu, kunjungan ke Pinus Kragilan pada hari libur paling pas dilakukan pagi hari. Hal itu karena pengunjung masih belum begitu manyak di pagi hari. Semakin siang atau sore, biasanya jumlah pengunjung akan semakin banyak.

Saat jumlah pengunjung masih sedikit, aktivitas foto-foto pun bisa dilakukan dengan lebih leluasa. Latar belakang foto akan bersih dari manusia. Berfoto di spot foto pun tidak perlu antre jika masih sepi.

2. Berfoto di spot utama terlebih dahulu

Jika sudah datang pagi hari dan masih cukup sepi pengunjung, hendaknya segera berfoto di spot foto utama obyek wisata ini. Spot foto utama berada di sisi barat obyek wisata dengan latar belakang barisan hutan pinus dan jalan di tengahnya.

Top Selfie Pinusan Kragilan, Magelang menawarkan spot foto yang instagrammable bagi para pengunjungnya.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Top Selfie Pinusan Kragilan, Magelang menawarkan spot foto yang instagrammable bagi para pengunjungnya.

Hal itu karena semakin siang kemungkinan jumlah pengunjung akan semakin ramai. Jika sudah ramai, maka memotret tanpa “bocor” (ada orang di belakang) merupakan hal yang mustahil.

Setelah berfoto di spot utama, foto-foto bisa dilanjutkan di spot lain. Masih ada spot foto lain seperti tempat tidur gantung, Selain itu, ada pula tempat foto buatan lainnya yang tidak kalah keren dari hutan pinus.

3. Tidak takut ketinggian

Salah satu tempat foto favorit di Pinus Kragilan adalah di atas pohon. Pengelola telah menambahkan spot foto di sana. Pengunjung bisa naik ke atas pohon dengan tangga kemudian berpose di tempat yang disediakan.

Baca juga: Ingin Dapat Foto Malam yang Keren di Pinus Pengger, Berikut 5 Tipsnya

Namun, diperlukan keberanian untuk bisa berpose di atas pohon. Hal ini khususnya bagi mereka yang cukup takut dengan ketinggian. Jika takut berada di ketinggian, pengunjung bisa berfoto sambil berpegangan pada batang pohon.

4. Tidak perlu membawa kamera

Jika ingin berfoto, memang perlengkapan yang biasanya harus dibawa adalah kamera. Namun di Pinus Kragilan, pengunjung yang ingin berfoto tidak harus selalu membawa profesional seperti seperti DSLR atau mirrorless.

Jasa Fotografer di Wisata Pinus Kragilan, Magelang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jasa Fotografer di Wisata Pinus Kragilan, Magelang.

Pengelola sudah menyediakan jasa fotografer dengan kamera DSLR. Jika ingin mendapat foto yang bagus, pengunjung tinggal meminta untuk dipotret kemudian tinggal berpose di tempat yang disediakan.

Baca juga: Hutan Pinus Mangunan, Tempat “Ngadem” nan Fotogenik di Jogja

Cukup membawa flashdisk, hasil jepretan yang keren nanti bisa dibawa pulang dan siap untuk diunggah di media sosial. Tarif fotografer pun cukup terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com