Di Manakah Taman Nasional Tertua di Dunia?

Kompas.com - 24/04/2019, 21:11 WIB
Negara Mongolia. ShutterstockNegara Mongolia.

KOMPAS.com – Saat ini, banyak orang yang mengira jika Yellowstone yang berada di Negara Amerika Serikat adalah taman nasional tertua di dunia. Hal itu wajar karena Taman Nasional Yellowstone didirikan pada tahun 1872.

Namun, ternyata Yellowstone bukanlah taman nasional tertua di dunia. Ada satu taman nasional yang usianya lebih tua dari Yellowstone. Rentang usianya bahkan lebih dari 100 tahun.

Baca juga: Indiana Dunes, Taman Nasional Terbaru di AS

Taman nasional tertua di dunia ternyata ada di Negara Mongolia yang bernama Bogd Khan Uul. Taman nasional ini berada di sekeliling Pergunungan Bogd Khan Uul.

Taman Nasional Bogd Khan Uul berada di sebelah selatan Ibukota Mongolia, Ulanbataar. Jarak taman nasional ini dengan Ulanbataar cukup dekat, yakni sekitar 6 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Taman Nasional Tertua di Dunia

Sebelum tahun 1783, Pergunungan Bogd Khan telah ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi penguasa saat itu. Penebangan dan perburuan di sana dilarang dan Bogd Khan dianggap sebagai tempat suci.

Selanjutnya pada 1778, Gubernur Mongolia di tempat yang sekarang dikenal dengan Ulanbataar meminta persetujuan Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing untuk mengadakan upacara dua kali setahun guna menghormati Pergunungan Bogd Khan Uul.

Baca juga: 5 Fenomena Alam Paling Memukau di Dunia

Delapan hari kemudian, izin diberikan dan kemudian diadakan upacara yang diadakan dua kali setahun. Barulah pada 1783, pemerintah lokal Dinasti Qin menetapkan Bogd Khan sebagai situs yang dilindungi karena keindahan alamnya.

Momen itulah yang menjadikan Bogd Khan Uul sebagai taman nasional tertua di dunia. Tahun 1996, Bogd Khan Uul dinyatakan sebagai cagar biosder oleh UNESCO.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X