Yanar Dag, Gunung dengan Api Abadi di Azerbaijan

Kompas.com - 25/04/2019, 08:04 WIB
Kobaran Api Abadi di Yanar Dag, Azerbaijan. ShutterstockKobaran Api Abadi di Yanar Dag, Azerbaijan.

KOMPAS.com – Biasanya kobaran api yang menyebabkan peristiwa kebakaran akan padam dalam beberapa saat. Namun, ada beberapa tempat di dunia ini yang mana kebararan selalu terjadi.

Salah satu tempat yang mana api tidak pernah padam itu adalah Yanar Dag di Negara Azerbaijan. Api abadi itu selalu berkobar di kaki bukit yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Baca juga: Mengenal Gobustan, Tanah Kuno Tempat Batu Bernyanyi

Yanar Dag berada di kawasan Semenanjung Absheron, Azerbaijan. Jarak obyek wisata ini dengan Ibukota Baku adalah sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Dilansir dari CNN Travel, seorang pemandu wisata Yanar Dag bernama Aliyeva Rahila mengatakan jika api telah menyala sejak 4.000 tahun yang lalu dan tidak pernah padam. Bahkan, api tidak padam saat turun hujan dan salju.

Negara Api

Dahulu, fenomena api abadi seperti ini banyak terjadi di Azerbaijan. Yanar Dag merupakan salah satu tempat terjadinya fenomena api abadi. Api berkobar dengan sendirinya dari dalam tanah atau bebatuan.

Dikisahkan jika penjelajah terkenal seperti Marco Polo menuliskan fenomena api abadi yang misterius ini saat berkunjung ke Azerbaijan pada abad ke-13 silam.

Fenomena ini juga dikisahkan oleh para pedagang di jalur sutera yang berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya.

Banyaknya fenomena api abadi yang bermunculan lantas membuat Azerbaijan pada zaman dahulu sempat mendapat julukan sebagai Negara Api.

Gas alam yang melimpah

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X