Share this page

Menikmati “Sweet Escape” di Telaga Sunyi Baturaden

Kompas.com - 25/Apr/2019 , 17:00 WIB

Menikmati “Sweet Escape” di Telaga Sunyi Baturaden

KOMPAS.com – Bagi para pelancong, kawasan Baturaden sudah jadi destinasi wisata populer. Wisata alam di sini memang begitu memanjakan mata.

Maka tak heran, jika berkunjung pada lokawisata di sana biasanya penuh pelancong. Namun, jangan dulu urungkan niat ke sana karena keramaian, masih ada destinasi wisata yang jauh drai kata riuh.

Baturaden punya Telaga Sunyi. Lokasinya memang agak jauh dan terpisah dari hiruk-pikuk destinasi wisata lainnya. Banyak yang bilang, Telaganya seperti sebuah persembunyian cantik di balik hutan.

Adapun bibir telaga jaraknya hanya sekitar 150 meter dari parkiran.  Pohon damar dan juga pinus berjajar meneduhkan suasana. \pada waktu-waktu tertentu, kawasan ini juga akan ramai. Oleh karena itu disarankan dating pada pagi hari untuk menghindari kondisi tersebut.

Sepanjang jalan ke bibir telaga, pengunjung akan diperlihatkan dengan batu-batu besar yang mempunyai tekstur menarik akibat pahatan air di sisi kiri. 

Sudah sampai telaga, pelancong juga akan dimanjakan dengan air yang jernih. Seru juga dipakai untuk aktivitas renang. Jangan lupa abadikan momen dengan kamera underwater.

Namun, jangan terlena dengan kejernihan airnya., terutama bagi wisatawan, utamanya yang tak mahir berenang. Di kanan dan kiri tel;aga tertulis keterangan bahwa kedalaman air mencapai lima meter.

Dari puncak memang kelihatannya dangkal karena air yang jernih.

Area telaga dihiasi dengan dinding-dinding batu. Ada air terjun kecil yang juga bias dinikmati. Sayangnya, air terjun ini tak akan menjatuhkan air pada musim kemarau.

Ke tempat itu, yang paling nikmat memang melupakan beban di Ibu Kota dengan ditemani suara gemericik air dan kicauan burung yang bersarang di hutan tersebut.

Ingat larangannya

Telaga Sunyi punya aturan sendiri soal aktivitas renang para wisatawan. Ada larangan berenang bila hujan datang.

Telaga Sunyi Baturaden.https://pesona.travel Telaga Sunyi Baturaden.

 “Jika dari arah atas (awan) sudah tampak gelap, sebaiknya bergegas. Apalagi jika air sudah mulai keruh dan juga berbusa, segera tinggalkan area telaga, karena di takutkan air bah mengalir deras,“ pesan Muntil, penjaga area.

Untuk masuk ke sana, wisatawan harus membayar tiket Rp 13.000. sebagai destinasi wisata, fasilitas area sudah dilengkapi mulai dari parkiran yang luas, tempat bilas, toilet, hingga mushola.

Baca artikel lainnya mengenai Jawa Tengah:

Berwisata Sejarah di Kota Lumpia Semarang

Purbalingga, Kota Seribu Curug di Jawa Tengah

Kebun Teh Kemuning, Keindahan Peninggalan Zaman Belanda

 

Telusuri destinasi lainnya di Indonesia. Semua terangkum dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya