Kompas.com - 25/04/2019, 18:09 WIB
Gunung Merapi dilihat dari Spot panorama Air Terjun Kedung Kayang Magelang. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Merapi dilihat dari Spot panorama Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

MAGELANG, KOMPAS.com – Bagi masyarakat Magelang, Yogyakarta, Boyolali, dan sekitarnya, panorama Gunung Merapi bukanlah sesuatu yang asing. Terlebih jika cuaca cerah, Merapi akan terlihat begitu jelas dengan puncaknya yang berasap.

Gunung api yang menjulang tinggi di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah itu kerap menjadi obyek atau latar belakang foto bagi para fotografer.

Baca juga: Cara Mudah Menikmati Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Ada banyak tempat untuk memotret Gunung Merapi. Khusus untuk masyarakat Magelang dan sekitarnya, ada satu tempat di mana Gunung Merapi bisa dipotret dengan indahnya. Tempat itu adalah Air Terjun Kedung Kayang.

Berada dekat jalan utama Magelang-Boyolali via Selo, memang obyek wisata ini adalah air terjun. Namun, panorama keindahan Gunung Merapi juga tersaji dari spot panorama di kawasan Air Terjun Kedung Kayang.

Lokasi menyaksikan Gunung Merapi di Air Terjun Kedung Kayang

Jika tujuan berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang hanya untuk menyaksikan keindahan panorama Gunung Merapi, maka tidak perlu berjalan menuju titik air terjun. Panorama Gunung Merapi tidak akan terlihat dari titik air terjun.

Terlebih, berjalan menuju titik air terjun merupakan perjalanan yang cukup melelahkan. Butuh waktu setengah jam untuk mencapai air terjun melewati jalan setapak yang cukup curam, bahkan menjelang sampai, perjalanan harus menyeberangi dua sungai.

Baca juga: Perjalanan Mendebarkan Menuju Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Namun untuk bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, tidak butuh perjalanan yang melelahkan. Lokasi spot panorama Air Terjun Kedung Kayang tidaklah jauh dari area parkir kendaraan dan loket masuk.

Pengunjung hanya perlu berjalan sekitar lima menit untuk mencapainya. Nantinya terdapat spot foto yang telah dibangun di atas pepohonan. Dari spot foto ini, pengunjung bisa memotret Gunung Merapi yang tampak begitu jelas.

Spot foto yang keren

Keindahan Gunung Merapi tentu bisa disaksikan jika cuaca cerah. Saat musum hujan, biasanya semakin siang cuaca akan menjadi berkabut. Namun, hal itu tidaklah pasti. Terkadang cuaca sudah berkabut sejak pagi.

Saat cucaca cerah, gunung setinggi hampir 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terlihat begitu jelas. Rasanya seolah puncak yang berasap itu jaraknya begitu dekat dengan spot panorama di Air Terjun Kedung Kayang.

Gunung Merapi dilihat dari Spot Panorama Air Terjun Kedung Kayang Magelang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Merapi dilihat dari Spot Panorama Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

Ada beberapa spot foto di atas pohon yang bisa dipilih oleh pengunjung. Namun karena berada di tepi jurang, dibutuhkan persiapan mental terutama bagi mereka yang takut ketinggian.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Tarif berfoto di spot foto itu hanyalah Rp 5.000 saja. Spot foto mulai buka sekitar pukul 05.30 WIB. Sebelum buka, spot foto ditutup oleh terpal sehingga tidak bisa digunakan untuk berfoto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X