Hutan Bambu nan "Instagramable" di Toraja Utara

Kompas.com - 25/04/2019, 19:08 WIB
Hutan bambu di Dusun ToKumila, Toraja Utara KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRIHutan bambu di Dusun ToKumila, Toraja Utara

 

BATUTUMONGA, KOMPAS.com – Bicara soal hutan yang instagramable, mungkin yang muncul di benak Anda adalah hutan pinus di berbagai lokasi di Indonesia. Namun di Toraja Utara, hutan bambulah yang menjadi primadona.

Hutan bambu tersebut terletak di Dusun To’Kumila’, Kecamatan Sesean Suloara’. Hutan bambu ini merupakan salah satu destinasi unggulan di Toraja Utara, selain juga Desa Sa’dan yang menjadi sentra tenun Toraja.

“Hutan bambu ini mulai dipugar dan dibenahi setahun belakangan, kini bisa jadi tempat yang bagus untuk difoto. Ada pertunjukan tarian juga,” tutur Pak Simon, Sekretaris Lembaga Desa Wisata (LDW) Suloara’ kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pasar Bolu dan Transaksi Jual Beli Kerbau di Toraja

KompasTravel menyambangi hutan bambu Dusun To’Kumila’ bersama rombongan OPPO Discovery Trip, bekerja sama dengan komunitas Toraja Melo. Hutan bambu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang perlu digarisbawahi dan ditulis tebal, karena pesonanya yang amat memikat.

Hutan bambu di Dusun ToKumila, Toraja UtaraKOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Hutan bambu di Dusun ToKumila, Toraja Utara

Kabut tebal

Jika berkunjung pada musim hujan seperti saat ini, besar kemungkinan Anda akan mendapati kabut tebal menyelimuti hutan bambu. KompasTravel sempat merasakan kabut tebal ini saat berkunjung beberapa waktu lalu.

Rasanya sangat magis. Deretan pohon bambu yang menjulang tinggi terselimuti kabut tebal, suasana mendadak hening dan syahdu. Tak lama kemudian kabut kembali menghilang. Kerumunan orang kembali terlihat, suka cita kembali terasa. 

Hutan bambu saat tertutup kabutKOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Hutan bambu saat tertutup kabut

LDW Suloara’ membuat beberapa pertunjukan di hutan bambu ini. Salah satunya adalah pertunjukan alat musik bambu khas toraja, yaitu Ma’Pompang. Pada dasarnya alat musik ini mirip seperti angklung, tiap orang memegang satu nada. 

Ada pula beberapa pertunjukan tarian khas Toraja. Salah satunya adalah Manganda’, tarian yang dibawakan oleh para pria dengan tanduk kerbau dan bulu ayam di kepala mereka. Tarian ini biasa digelar pada puncak syukuran rumah.

Dusun To’Kumila’ juga membuat beragam kerajinan khas dari bambu, yang paling laris adalah gelas lengkap dengan tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X