Pariwisata Indonesia Dipromosikan Lewat Tik Tok

Kompas.com - 26/04/2019, 19:11 WIB
Geopark Kaldera Danau Toba.Dok Istimewa Geopark Kaldera Danau Toba.

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata mempromosikan wisata Indonesia, khususnya destinasi-destinasi yang masuk dalam 10 Bali Baru melalui aplikasi Tik Tok. Promosi tersebut dilakukan melalui beragam sticker dan challenge bertema pariwisata Indonesia yang kini telah tersedia.

Kepala Kebijakan Publik Tik Tok untuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha mengatakan, Tik Tok bertajuk wisata Indonesia ini masuk dalam program Tik Tok Travel. Menurutnya langkah ini dilakukan untuk menghidupkan keindahan yang ditawarkan Indonesia melalui platform Tik Tok.

“Nantinya (user) bikin video saja, jadi kami sediakan frame bertema Wonderful Indonesia. Jadi ini contohnya Cinta Laura berfoto tiga kali. Misalkan tadi temanya Bromo, Borobudur, ketiga Kepulauan Seribu. Nah terus jadi frame seperti itu, begitu kira-kira,” ujar Donny di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Menurutnya, video-video berdurasi singkat yang dihasilkan dari aplikasi Tik Tok ini mudah digunakan oleh siapa saja, terutama kaum milenial. Melalui aplikasi Tik Tok diharapkan lebih banyak user yang mengenal keindahan Indonesia.

Peluncuran Tik Tok Travel di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Peluncuran Tik Tok Travel di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

“Jadi siapa saja bisa buat, di mana saja bisa buat, itu keunggulannya. Kalau yang mengunjungi tempat wisata itu sebenernya ada challenge lain yang namanya Wajah Kotaku. Nah ini juga dalam rangka mendukung lagi pariwisata Indonesia, ini bukan sticker tapi setiap user membuat video yang mempromosikan daerahnya masing-masing saja.  Ini sifatnya lebih ke vlog kali ya. Jadi ini yang sifatnya benar-benar wisata khas di kota masing-masing sesuai challenge-nya,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim II Co-Branding Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata RI Priyantono Rudito menambahkan, kampanye wisata Indonesia melalui Tik Tok ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dalam dan luar negeri.

“Kementerian Pariwisata Republik Indonesai senang dapat meluncurkan kampanye Wonderful Indonesia bersama Tik Tok, untuk memperkenalkan keindahan Indonesia kepada wisatawan dari seluruh penjuru dunia. 10 Bali baru hanyalah sebagian dari keindahan yang ada di Indonesia, dan kami harapkan para wisatawan dapat berkunjung sendiri ke tujuan wisata tersebut,” ujarnya.

Saat ini Tik Tok berbasis di Los Angeles dengan kantor global di London, Tokyo, Seoul, Shanghai, Beijing, Singapura, Jakarta, Mumbai, dan Moskow.

Melalui kampanye wisata Indonesia melalui Tik Tok ini, lanjut Priyantono, Kemenpar akan bekerjasama dengan sejumlah kreator dan selebriti untuk menjangkau promosi ke lebih banyak user Tik Tok.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X