Kompas.com - 27/04/2019, 11:04 WIB
Hotel Berengaria yang Angker di Negara Cyprus. ShutterstockHotel Berengaria yang Angker di Negara Cyprus.

KOMPAS.com – Kesan pertama yang muncul di pikiran setelah melihat sebuah bangunan yang tidak terawat atau terbengkalai kemungkinan besar adalah angker. Tentu ini sudah menjadi hal yang umum terjadi di sejumlah masyarakat Indonesia.

Namun, ternyata kesan angker terhadap bangunan kosong yang terbengkalai tak hanya berlaku di Indonesia. Bahkan di Eropa yang sudah sedemikian modern, masih ada bangunan kosong nan angker.

Baca juga: 4 Lokasi Paling Angker di Australia

Salah satu bangunan terbengkalai yang dianggap angker ada di Negara Cyprus. Bangunan itu adalah bekas hotel megah yang sempat mengalami masa kejayaan di masa lalu, yakni Hotel Berengaria.

Hotel ini teparnya terletak di desa tertinggi Negara Siprus, Prodomos. Selain itu , letak Hotel Berengaria juga tersembunyi di tengah hutan pinus Pergunungan Troodos.

Masa Jaya Hotel Berengaria

Kisah Hotel Berengaria dimulai pada tahun 1930. Saat itu liburan di kawasan pergunungan merupakan aktivitas populer yang banyak dilakukan wisatawan, terutama orang-orang Inggris.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang penduduk Desa Prodomos bernama Kokkalos kemudian mulai membangun hotel ini. Ia membangun hotel ini dari uang tabungannya sendiri. Hotel ini kemudian rampung dan pulai dibuka pada tahun 1931.

Baca juga: 4 Obyek Wisata Alam yang Menawan di Eropa Timur

Hotel Berengaria pun berjaya karena menjadi surga bagi para bangsawan dan tamu-tamu penting lainnya. Para pengusaha terkenal hingga Raja Mesir menjadi tamu hotel itu pada masa jayanya.

Fasilitas hotel ini juga termasuk lengkap. Telah tersedia kasino, klub malam, dan perlengkapan modern yang semakin menyempurnakan pesona hotel ini. Semua itu menjadikan Hotel Berengaria menarik bagi pengunjung lokal dan internasional.

Tak hanya menguntungkan bagi pemilik hotel. Masyarakat sekitar pun terkena dampak positifnya. Mereka memasok makanan untuk dapur. Selain itu, pembuat anggur juga tertimpa untung karena bisa menawarkan produknya pada tamu hotel.

Baca juga: Kisah Selir Raja yang Menjadi Buaya Putih di Pengging, Boyolali

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X