Kompas.com - 28/04/2019, 18:07 WIB
Robot Sophia yang mendapatkan status warga negara Arab Saudi. Arab NewsRobot Sophia yang mendapatkan status warga negara Arab Saudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Selatan telah meluncurkan Calender of Event (CoE) 2019. Empat event masuk ke dalam Wonderful Indonesia 2019. Sementara satu di antaranya, yaitu Eight Festival (F8) Makassar, masuk Top 10 Wonderful Events.

Tahun ini, ada yang berbeda dari pergelaran F8 Makasar 2019. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan mengatakan, pihaknya akan mendatangkan Robot Sophia. Robot humanoid berintelegensi itu memiliki kewarganegaraan Arab Saudi.

Robot tersebut diproyeksikan untuk menggabungkan teknologi 4.0 dengan kultur budaya yang dimiliki Sulawesi Selatan.

"Kami memasukan futuristik robotik F8 4.0 di mana kami ingin mempertemukan eksperimen budaya yang akan bertemu dengan teknologi robotik. Kami Berusaha mengundang sophia," ujar Ramdhan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Jumat (26/04/2019).

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Sulawesi Selatan

Dia memaparkan, perhatian dunia akan tertuju pada F8 Makassar jika berhasil mendatangkan Robot Sophia ke Indonesia. Terlebih, lanjut Ramdhan, hal ini turut bisa menggaet kehadiran turis mancanegara datang ke Indonesia.

Sementara, Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani mengaku terkesan dengan F8 Makassar karena menampilkan 8 unsur wisata sekaligus. Yaitu pertunjukan fashion, film, folk, flora dan fauna, fine art, fussion music, serta fiction writer and font.

Menurut Rizki, ide dan konsep yang kreatif merupakan bagian penting dalam suatu penyelenggaraan acara. Kedatangan Robot Sophia menjadi salah satu ide yang sangat kreatif.

"Konten kreatif menunjukkan bahwa Sulsel siap menjadi pariwisata 4.0. Ini menunjukkan bahwa Sulsel menjadi terdepan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Diketahui, Robot Sophia merupakan robot humanoid yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Hongkong. Robot ini menjadi warga negara Arab Saudi semenjak Oktober 2017. Hal ini mengukuhkan namanya dalam robot pertama yang memilki warga negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.