Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Muhibah Bugis Melayu Serumpun Pikat 219 Wisatawan Singapura

Kompas.com - 29/04/2019, 09:04 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
Kota Batam menggelar acara Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun di Ibis Style Hotel. Event yang digelar Sabtu (27/4) malam terlebih sukses karnea dihadiri 219 wisatawan mancanegara asal Singapura. 

Ke-219 memiliki alasan khusus datang ke acara tersebut karena merupakan keturunan Suku Bugis Melayu. Dengan kata lain, mereka memiliki ikatan batin.

Kepala Bidang Area II Asdep Pemasaran Regional I, Trindiana M. Tikupasang mengatakan, Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun adalah cara untuk melestarikan kebudayaan dan mengangkat kemabli kejayaan Melayu Bugis. 

“Acara itu juga untuk merajut kebesaran sejarah Bugis Melayu yang pernah gemilang melalui kuliner, pentas musik, dan tarian,” ujar Trindiana yang menghadiri acara tersebut.

Sementara itu, perwakilan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Wuryanta menyatakan, acara tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ini karena event Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun sangat kental dengan budaya Bugis dan Melayu. 

"Salah satu kebudayaan yang ditampilkan adalah Tari Bugis dan Paduppa," ujar Wuryanta yang juga hadir di acara tersebut. 

Tarian itu pun dibawakan dengan sangat indah oleh Sanggat Wan Sendari. Paduppa sendiri merupakan tari sambutan buat tamu yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Selain itu, diperdengarkan juga lagu-lagu Melayu dan Bugis. Diantaranya lagu Balo Lipa, Tak Akan Melayu Hilang di Dunia, Tana Ogi Wanuakku, dan Zapin Pusaka.

Nuansa budaya makin kental terasa saat tari Melayu, Pulau Putri, ditampilkan. Namun yang paling seru, saat seluruh undangan diajak mengikuti Joget Lambak Bersama-sama.

Salah satu tarian tradisional dari Melayu yang ditampilkan di event Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun di Kota Batam, Sabtu (27/4/2019).Dok. Humas Kementerian Pariwisata Salah satu tarian tradisional dari Melayu yang ditampilkan di event Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun di Kota Batam, Sabtu (27/4/2019).
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, memberikan acungan jempol untuk pelaksanaan event ini.

“Selain mampu menyajikan atraksi-atraksi modern, Batam juga mempertahankan budayanya. Bahkan diperkenalkan. Seperti dalam Muhibah Bugis Melayu ini,” kata Dessy memberikan apresiasinya.

Hal senada disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ia mengingatkan betapa berharganya melestarikan kebudayaan.

“Budaya itu semakin dilestarikan akan semakin meeyejahterakan. Nilainya akan semakin tinggi. Culture ini juga menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Muhibah Bugis Melayu ini adalah contoh yang baik. Apalagi merupakan perpaduan dua budaya yang berbeda,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com