Kompas.com - 29/04/2019, 13:56 WIB
Restoran alam di Kuningan Jawa Barat yang menghadap ke Gunung Ciremai. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIARestoran alam di Kuningan Jawa Barat yang menghadap ke Gunung Ciremai.


KUNINGAN, KOMPAS.com - Bupati Kuningan, Acep Purnama mengatakan, pihaknya akan mengembangkan wisata alam yang berpadu dengan daya tarik kesenian daerah untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

Sebagai langkah pertama, Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memproyeksikan pembangunan infrastruktur untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan.

"Kami akan mengembangkan wisata alam. Rencananya kami akan membangun sebuah jembatan yang kalau kita berjalan di atasnya, kita seolah berjalan di atas air," kata Acep dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Cijoho Jadi Pusat Oleh-oleh Kuningan Sejak 1986

Selain itu, alat musik khas Jawa Barat seperti angklung dan calung juga turut menjadi bagian dalam pengembangan pariwisata ini.

Pemkab Kuningan telah mempersiapkan pementasan calung akbar yang akan dimainkan oleh remaja putri sebagai bentuk realisasi. Atraksi budaya tersebut diharapkan bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kuningan.

Baca juga: Serunya Mengunjungi Destinasi Wisata Baru, Kebun Raya Kuningan

"Lembaga pendidikan di Kuningan akan kami dorong untuk mendidik para pelajar untuk bisa memainkan alat musik khas Jawa Barat, termasuk angklung," kata Acep.

Menurut Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Anang Sutono, Kabupaten Kuningan unggul secara akses karena dekat dengan Bandung dan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka yang sudah diresmikan tahun lalu.

Dia menilai, kualitas sumber daya manusia untuk terjun khusus ke sektor pariwisata harus dipersiapkan dengan matang.

"Bayangkan, pasti luar biasa, tidak hanya angklung tapi calung juga bisa memperkaya atraksi budaya yang menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan," ujar Anang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.