Share this page

Menikmati Alam Air Terjun Toroan di Madura

Kompas.com - 29/Apr/2019 , 23:28 WIB

Menikmati Alam Air Terjun Toroan di Madura

KOMPAS.comBagi penyuka spot-spot unik namun tak terlalu dibanjiri turis, coba jadwalkan untuk datang ke Madura pada rencana perjalanan Anda.  

Destinasi di sebelah timur Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan eksotis. Salah satu yang dapat dinikmati ialah air terjun Toroan yang terletak di Kabupaten Sampang. 

Air terjun dengan ketinggian 20 meter tersebut memiliki keunikan karena terletak di pesisir Pantai Nepa, menghadap pada lautan lepas.

Tumpahan  air terjun langsung menyatu dengan air laut yang berada  di sebuah muara. Ada banyak turunan air di tempat ini. Namun hanya ada satu air terjun yang begitu deras dan besar. 

Efek relaksasi

Dikelilingi dengan pohon yang rindang serta kesegaran air yang dimilikinya menjadi keunggulan tersendiri bagi tempat ini.

Perpaduan antara gemericik air terjun dengan deburan ombak di pantai memberikan efek relaksasi di tengah suasana alam yang masih natural.  Aliran air terjun tersebut mengalir dari Sungai Payung yang berada di bagian timur kota Sampang.

Warna kuning  keemasan menjadi ciri khas dinding tebing. Ketika air pasang, pemandangan air terjun dan laut menyatu indah tanpa dibatasi oleh daratan. Apalagi ketika matahari mulai beristirahat ke peraduannya, pengunjung akan dimanjakan oleh indahnya sunset di antara dua spot yang berbeda tetapi dalam satu pemandangan.

Pada permukaan terdapat batuan karang yang dijadikan tempat berpijak bagi pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun secara dekat ataupun hanya sekedar berswa foto.

Berbeda halnya ketika air surut. Walaupun air terjun tetap mengalir, aliran air laut yang surut akan meninggalkan hamparan pasir putih dengan batu karang yang besar dan unik menyelimuti tepian pantai.

Biasanya surutnya air terjun dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melihat air terjun lebih dekat. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati , sebab air terjun Toroan memiliki kedalaman curah air setinggi kurang lebih 2 meter. 

Untuk menikmati keunikan air terjun Toroan  pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk fasilitas lain, seperti kamar mandi umum, tempat makan ataupun musholla masih belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Air terjun Toroan merupakan air terjun tertinggi di Madura yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang.

Tempat itu bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Akses jalan yang dilewati sudah beraspal dengan kondisi yang lumayan baik. 

Jika dari Surabaya, jaraknya 105 kilometer. Wisatawan bisa menggunakan kapal fery di pelabuhan Tanjung perak atau melewati jembatan Suramadu. Setelah menyeberang ke Pulau Madura, ada dua jalur yang bisa ditempuh yaitu melalui Pantura atau mengambil jalan memutar melewati tengah kota Sampang.

Sedangkan bagi yang sudah di Pulau Madura, pengunjung bisa langsung menuju ke Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Setibanya di Ketapang pengunjung masih harus berjalan kaki kira-kira sejauh 50 meter menuju lokasi air terjun dengan jalan yang sedikit curam.

Baca artikel seru lainnya mengenai Jawa Timur berikut:

Pecel Kuah Rawon, Sepiring Dua Rasa Jawa Timur

Pantai Teluk Asmara, Malang Rasa Raja Ampat

Pantai Batu Bengkung, Cocok Untuk Para Penikmat Senja di Malang

Indonesia masih punya banyak destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Cari informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya