Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Safari Indonesia Resmikan Kandang untuk Kembang Biak Elang Jawa

Kompas.com - 30/04/2019, 10:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Taman Safari Indonesia telah meresmikan Kandang Perkembangbiakan Elang Jawa atau Netasus Bartelsi pada Sabtu lalu (27/4/2019).

Peresmian tersebut dilakukan oleh Drs. Jansen Manansang, MS.c bersama dengan Mr. Kondo Hiroshi Presiden Direktur PT. Smelting perusahaan yang bergerak dibidang peleburan dan pemurnian tembaga.

Elang Jawa merupakan satwa liar endemik yang berarti hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa.

Baca juga: Melihat Panda Sekaligus Merayakan Malam Tahun Baru di Taman Safari

Selain itu, Elang Jawa juga termasuk dalam kategori satwa liar yang terancam punah. Populasinya hanya 300-500 ekor dan terus menurun.

Elang Jawa melalui Keputusan Presiden nomer 4 tahun 1993 juga ditetapkan sebagai salah satu dari tiga Satwa Nasional Indonesia sebagai ikon satwa langka.

Taman Safari Indonesia resmikan Kandang Perkembangbiakan Elang Jawa, Sabtu (27/4/2019).Taman Safari Indonesia Taman Safari Indonesia resmikan Kandang Perkembangbiakan Elang Jawa, Sabtu (27/4/2019).

Untuk tetap menjaga keberadaan Elang Jawa, Taman Safari Indonesia bekerja sama dengan PT Smelting yang telah ditanda tangani pada tanggal 28 April 2018 lalu.

Dari kerjasama tersebut diharapkan dapat menambah jumlah populasi Elang jawa yang kian menurun dan juga membuat masyarakat dapat lebih mencintai serta peduli terhadap kegiatan pelestarian Elang Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com