Kompas.com - 02/05/2019, 12:30 WIB

KOMPAS.com – Kudus merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki ragam jenis destinasi wisata.

Mulai dari wisata bertemakan alam, sejarah hingga yang menjadi ikonik yaitu wisata religinya.

Jika Anda memiliki rencana ke Kudus, jangan lewatkan mengunjungi lima obyek wisata berikut:

Masjid Menara Kudus

Berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Masjid Menara Kudus memiliki tampilan yang berbeda dengan masjid pada umumnya.

Itu karena menara yang berdiri menjulang di sebelah tenggara masjid bentuknya menyerupai bangunan candi khas Jawa Timur. Semakin mencolok berkat konstruksi susunan batu merah yang tertata rapih.

Menilik sejarahnya, masjid ini didirikan oleh Sunan Kudus atau Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan pada tahun 1549 Masehi. Selain memiliki bentuk yang unik, tersirat makna mendalam saat membangun Masjid Menara Kudus.

Diwartakan Kompas.com (14/06/2018), makna yang dimaksud adalah perwujudan sikap "tepa selira" atau tenggang rasa pada masa itu.

Hal tersebut terjadi seirama dengan gaya dakwah Sunan Kudus yang menekankan sisi kearifan lokal dengan mengapresiasi terhadap budaya setempat dan berusaha menyesuaikan diri demi memasuki masa kejayaan Hindu-Budha.

Taman Sardi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.