Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Pariwisata Danau Toba, Kemenpar Buka Peluang untuk Investor

Kompas.com - 02/05/2019, 18:35 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


SUMUT, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membuka peluang bagi para investor untuk mengembangkan potensi pariwisata di Danau Toba dan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Kemenpar, Mugiyanto mengatakan, para investor dapat mendirikan bidang jasa akomodasi seperti perhotelan, resort, restoran, maupun atraksi buatan seperti berbagai jenis permainan air.

Menurut Mugiyanto, hal tersebut dilakukan sebagai komitmen untuk memajukan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya yang merupakan salah satu destinasi prioritas dari 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah.

Baca juga: Perjalanan Geopark Kaldera Danau Toba Masuk Daftar UGG

Pihaknya juga telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir dalam hal promosi investasi pariwisata.

"Mengingat di lokasi ini terdapat sebuah danau yg cukup potensial untuk dikembangkan menjadi salah satu wahana permainan air," ujarnya di Kabupaten  Samosir, beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Kabupaten Samosir, Juang Sinaga mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran investor yang ingin berinvestasi di Pulau samosir sebagai upaya memajukan potensi pariwisata Danau Toba.

Kendati demikian, Juang berharap seluruh investor yang menggarap Pulau Samosir nantinya dapat memerhatikan aspek kelestarian alam dan lingkungan demi menjaga muatan lokal di kawasan tersebut.

Baca juga: Jadwal Festival di Sekitar Danau Toba Sepanjang Tahun 2019

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya inisiatif dari Kemenpar, kami saling menjemput antara kabupaten dengan Kemenpar. Harapan kami bagi investor yang dibawa Kemenpar sekarang memiliki keseriusan yang benar-benar riil yang akan terjadi di kabupaten ini," ujar Juang.

Merujuk pada target realisasi target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman), diharapkan target satu juta wisman di antaranya didapat dari kunjungan ke kawasan Danau Toba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com