Kompas.com - 03/05/2019, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membuka kesempatan bagi investor untuk menggarap potensi wisata di Danau Toba dan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Mugiyanto, saat melakukan site visit bersama calon investor di Danau Aek Natonang, Kabupaten Samosir.

"Upaya yang kami lakukan adalah memfasilitasi dan mempertemukan calon investor dengan pemerintah daerah Kabupaten Samosir," papar Mugiyanto sesuai rilis yang Kompas.com terima, Jumat (3/5/2019).

Sebagai informasi, Danau Aek Natonang di Pulau Samosir yang ada di dalam Danau Toba menjadi salah satu kawasan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir untuk dikelola oleh investor.

Kawasan dengan luas 65 hektar (ha) ini rencananya akan dikembangkan sebagai lokasi kebun raya dengan berbagai macam atraksi serta akomodasi.

"Semoga dapat menarik investor berinvestasi di sektor pariwisata baik di bidang jasa akomodasi seperti perhotelan, resort, restoran maupun atraksi buatan lainnya," ujar Mugiyanto.

Adapun langkah Kemenpar tersebut merupakan komitmen untuk memajukan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya, sebagai salah satu destinasi prioritas dari 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah.

Dengan begitu diharapkan dapat mempercepat realisasi target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

"Itu termasuk target 1 juta wisman di kawasan Danau Toba," papar Mugiyanto.

Meski membuka pintu seluas-luasnya bagi investor, sambung Mugiyanto, dirinya mengingatkan jika pembangunan harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan menjaga muatan lokal di kawasan Samosir.

"Lebih jauh kami berharap dengan langkah ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," tutup Mugiyono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.