Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berada di Kudus, Jangan Lupa Cicipi Ragam Kulinernya

Kompas.com - 03/05/2019, 13:27 WIB
Mico Desrianto,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada banyak yang bisa dijelajahi ketika sedang berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selain wisata religinya.

Bagi pecinta kuliner, wilayah yang dulunya menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit itu juga layak untuk dijadikan tujuan. Pilihannya pun beragam dan tentunya mengunggah selera.

Berikut daftar kuliner khas yang patut dicoba ketika sedang berada di Kudus:

Soto Kudus

Soto Kudus merupakan salah satu dari kekayaan kuliner Indonesia yang memiliki banyak penggemarnya. Ciri khas dari kuliner yang satu ini ada pada penggunaan mangkuk mini.

Dengan isian daging ayam kampung, dipadukan dengan kecambah serta taburan bawang putih goreng membuat cita rasa soto kudus lezat dan gurih.

Sebagai pelengkap, soto kudus ditemani dengan pilihan kudapan sate seperti sate telur puyuh, usus dan beragam gorengan. Jangan lupa menambahkan sambal untuk merasakan sensasi pedas di kuah soto kudus.

Lentog

Mengawali hari di Kudus akan terasa nikmat jika Anda memilih hidangan Lentog sebagai menu sarapan.

Lentog adalah kuliner khas Kudus yang berisikan lontong dengan beragam jenis sayur seperti nangka, tahu, dan tempe. Lalu disiram dengan santan yang kental serta taburan bawang goreng.

Serupa dengan soto kudus, Lentog akan lebih nikmat jika disantap dengan kudapan sate telur puyuh bumbu semur, sate usus, ditambah kerupuk.

Tahu telur

Menyerupai pecel, kuliner khas kudus satu ini juga patut untuk dijadikan daftar makanan yang wajib dicicipi saat berada di Kudus.

Dibanjiri bumbu kacang, tahu telur merupakan campuran telur dadar, tahu serta beragam sayuran. Untuk menikmatinya, Anda bisa menambahkan pilihan nasi atau lontong agar perut lebih terisi.

Tak sulit menemukan kuliner yang satu ini, penjual tahu telur dengan mudah Anda temui disepanjang jalan Sunan Kudus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com