Berada di Kudus, Jangan Lupa Cicipi Ragam Kulinernya

Kompas.com - 03/05/2019, 13:27 WIB
Soto Kudus Pak Ramidjan yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus. Tribun Jateng/ M Syofri Kurniawan Soto Kudus Pak Ramidjan yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus.

KOMPAS.com – Ada banyak yang bisa dijelajahi ketika sedang berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selain wisata religinya.

Bagi pecinta kuliner, wilayah yang dulunya menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit itu juga layak untuk dijadikan tujuan. Pilihannya pun beragam dan tentunya mengunggah selera.

Berikut daftar kuliner khas yang patut dicoba ketika sedang berada di Kudus:

Soto Kudus

Soto Kudus merupakan salah satu dari kekayaan kuliner Indonesia yang memiliki banyak penggemarnya. Ciri khas dari kuliner yang satu ini ada pada penggunaan mangkuk mini.

Dengan isian daging ayam kampung, dipadukan dengan kecambah serta taburan bawang putih goreng membuat cita rasa soto kudus lezat dan gurih.

Sebagai pelengkap, soto kudus ditemani dengan pilihan kudapan sate seperti sate telur puyuh, usus dan beragam gorengan. Jangan lupa menambahkan sambal untuk merasakan sensasi pedas di kuah soto kudus.

Lentog

Mengawali hari di Kudus akan terasa nikmat jika Anda memilih hidangan Lentog sebagai menu sarapan.

Lentog adalah kuliner khas Kudus yang berisikan lontong dengan beragam jenis sayur seperti nangka, tahu, dan tempe. Lalu disiram dengan santan yang kental serta taburan bawang goreng.

Serupa dengan soto kudus, Lentog akan lebih nikmat jika disantap dengan kudapan sate telur puyuh bumbu semur, sate usus, ditambah kerupuk.

Tahu telur

Menyerupai pecel, kuliner khas kudus satu ini juga patut untuk dijadikan daftar makanan yang wajib dicicipi saat berada di Kudus.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X