Ke Thailand Awal Mei 2019, Jangan Lewatkan Momen Penobatan Raja

Kompas.com - 04/05/2019, 09:04 WIB
Grand Palace yang megah di Bangkok, Thailand. NOVA DIENGrand Palace yang megah di Bangkok, Thailand.

KOMPAS.com – Wisatawan yang akan berlibur ke Bangkok pada pekan pertama Bulan Mei 2019 akan disuguhi oleh momen langka dalam sejarah Negeri Gajah Putih itu.

Pada tanggal 4-6 Mei 2019, akan diadakan penobatan raja baru Thailand, Raja Maha Vijiralongkorn Bodindradebayavarangkun yang secara resmi akan naik tahta. Penobatan ini merupakan yang pertama dilakukan dalam kurun waktu selama hampir tujuh dekade.

Baca juga: 5 Tempat Wajib Dikunjungi saat Berlibur ke Bangkok

Raja Vijiralongkorn yang berusia 66 tahun mewarisi tahta setelah ayahnya, Raja Rama IX wafat pada tahun 2016 silam. Ia akan menjadi Raja Rama X. Vijiralongkorn merupakan anggota ke-10 Dinasti Chakti yang memerintah Thailand sejak Rama I pada 1782.

Berkumpul di Sanam Luang

Upacara penobatan terdiri dari perpaduan ritual suci Hindu dan Buddha yang telah berlangsung berabad-abad silam. Bagi masyarakat Thailand, event ini merupakan kesempatan mereka untuk menyaksikan penobatan raja.

Sebelumnya, Raja Rama IX naik tahta pada 1950 dan menjadi raja yang paling lama memerintah di dunia sebelum wafat pada 2016.

Baca juga: Air Terjun Mae Ya, Obyek Wisata Tersembunyi di Thailand

Diperkirakan ribuan orang akan berkumpul di lapangan bersejarah dekat Grand Palace, Sanam Luang pada periode penobatan tanggal 4-6 Mei 2019.

Otoritas transportasi massal Bangkok juga telah menawarkan layanan transportasi umum gratis bagi mereka yang berencana berkunjung ke Sanam Luang sejak 2 Mei. Ada pula layanan kereta api dan feri gratis untuk sampai ke sana.

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun atau Raja Rama X.Shutterstock Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun atau Raja Rama X.

Tak hanya sarana transportasi gratis. Akan ada pula makanan dan minuman gratis yang dibagikan di tempat istirahat. Ada pula toilet gratis untuk memfasilitasi massa yang akan hadir di Sanam Luang.

Masyarakat Thailand yang akan datang ke acara penobatan diimbau untuk memakai pakaian kuning. Hal itu karena kuning merupakan warna yang terkait dengan hari kelahiran raja, yakni Senin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN Travel
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X