10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berada di Hotel

Kompas.com - 05/05/2019, 15:41 WIB
Ilustrasi hotel SHUTTERSTOCKIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Menginap di hotel memiliki peraturan yang rata-rata tidak tertulis. Ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan selama menginap di hotel, lantaran akan bermasalah dengan urusan keamanan atau kenyamanan.

Berikut adalah 10 hal yang tidak boleh dilakukan selama berada di hotel:

1. Jangan Membawa Pulang Barang yang Tidak Diperbolehkan

Ada barang yang boleh dibawa pulang dari hotel seperti sandal, sampo, sabun, atau perlengkapan mandi.

Namun barang-barang lain seperti baju mandi (bathrobe), bantal, selimut, gelas, dan masih banyak lagi tidak diperkenankan untuk dibawa pulang. Jika ketahuan, tamu dapat dikenakan denda dari hotel.

2. Memecahkan Barang dan Tidak Mengaku

Jika memang memecahkan barang saat menginap, sampaikan kepada pihak hotel. Bukan hanya permasalahan denda, tetapi pecahan beling berbahaya bagi tamu lain yang akan menginap lantaran sulit dilihat oleh housekepping.

3. Memasak di area yang Tak Diperbolehkan

Banyak tamu ingin mengirit biaya makan dengan cara memasak di kamar hotel. Ini diperbolehkan jika memang ada dapur di kamar hotel tersebut.

Jika tidak ada, memasak dapat memicu alarm kebakaran. Hindari juga memasak menggunakan alat yang bukan seharusnya, seperti memasak mie instan di teko. Berakhir teko sulit dibersihkan dan berbau.

4. Membuka Pintu Ruang Pancuran Saat Mandi

Sebenarnya tidak ada salah jika ingin membuka pintu ruang pancuran saat mandi, tetapi akan bermasalah jika tamu mandi menggunakan air panas, lalu uap naik ke alarm kebakaran dan memicu peringatan kebakaran.

5. Mengisi Ulang Mini Bar

Beberapa tamu hotel mengelabui pihak hotel dengan mengisi ulang minuman keras dengan minuman soda. Jika ketahuan, pihak hotel akan memberi denda berkali lipat dari harga biasa.

6. Mengirimkan Informasi Rahasia lewat Wifi Hotel

Baik di hotel atau di tempat umum lain, jangan pernah mengirimkan informasi rahasia seperti mengakses layanan bank online atau belanja menggunakan kartu kredit dari Wifi umum. Sebab hal ini rawan diretas dan bobol akun keuangan.

7. Membawa Hewan Peliharaan

Jangan pernah membawa hewan peliharaan saat menginap di hotel, kecuali hotel tersebut memang memiliki peraturan memperbolehkan hewan peliharaan. Sanksi berupa denda, diusir, sampai dihapur dari daftar tamu mendatang menunggu jika ini terjadi.

8. Menggunakan Bantal dan Sprei Hias

Bukan rahasia jika bantal dan spresi hias tidak rutin diganti, kecuali sudah benar-benar kotor dan berbau. Hindari menggunakan kedua barang ini.

9. Dilarang Merokok di Kamar

Jika memang perokok, mintalah kamar khusus rokok. Jika merokok di kamar tidak untuk merokok denda yang berlaku cukup besar, tergantung peraturan masing-masing negara.

10. Makan Makanan Berbau

Makan di kamar hotel sah-sah saja, tetapi menyantap makanan berbau tidak diperbolehkan. Contohnya adalah buah durian, yang bahkan dilarang masuk sedari lobi hotel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X