Share this page

Tergoda Mencicipi Parende, Makanan Khas Wakatobi

Kompas.com - 6/May/2019 , 07:33 WIB

Tergoda Mencicipi Parende, Makanan Khas Wakatobi

KOMPAS.com - Daging kakap segar ditemani kuah kekuningan berbumbu rempah. Rasanya asam pedas, bikin lidah bergetar.

Konon, orang sakit pun tak sanggup menolak daya tariknya. Selera makan kembali tergugah. Itulah Parende, makanan khas dari Kota Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Di sana, makanan tersebut bisa didapatkan dengan mudah. Dari warung makan kecil-kecilan, sampai restoran ternama seperti yang disajikan di atas meja koki yang terlihat dari sisi luar jendela dapur milik Resort Wasabi di Kota Wangi-Wangi.

Waktu menunjukan pukul 12.15 menurut zona waktu Indonesia bagian tengah. Seorang pelayan bersiap melayani tamu di salah satu sudut restoran itu.

Sekejap jarinya menunjuk pada menu bertuliskan kata 'Parende' begitu ditanya menu andalan restoran ini.

Penggugah selera makan

Ikan Parende  disuguhkan di dalam mangkuk putih. Ini adalah olahan ikan kakap dengan kuah kekuningan karena sudah dicampur kunyit, tomat, dan cabai.

Aroma khas langsung tercium. Selain asam dan pedas, rasanya dominan gurih. Setelah menyeruput kuahnya yang asam dan cukup membuat lidah bergetar karena rasa pedasnya, ini waktu yang tepat untuk mencicipi ikan kakapnya.

Tekstur daging ikannya sangat lembut. Nah, hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan nasi. Hati-hati, semangkuk sajian bisa membuat penikmatnya kalap untuk menghabiskan banyak nasi.

Konon, menurut warga setempat, sajian ini cocok bagi mereka yang sedang flu dan kehilangan selera makan. Rempah-rempah pada sajiannya ampuh mengusir flu.

Baca artikel lainnya mengenai Wakatobi berikut ini:

Menyelam Bersama Ratusan Jenis Ikan di Wakatobi

Panjat Pinang Wakatobi, Berburu Hadiah di Tengah Laut

Desa Tertua Perajin Tenun Wakatobi

Telusuri kuliner Indonesia lainnya dengan cita rasa yang kaya. Dapatkan informasinya lewat Pesona Indonesia. 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya